Test RSS

Focus Group Discussion “Menakar Kesiapan Masyarakat Menjelang Kenaikan Harga BBM”

Keprihatinan para akademisi pada rencana pemerintah yang akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat perlunya kajian mendalam dari berbagai disiplin ilmu agar kebijakan yang akan diterapkan tidak hanya berdampak menyusahkan masyarakat atau menambah angka kemiskinan. Laboratorium Hubungan Internasional bekerjasama dengan FISIP Universitas Wahid Hasyim mengadakan Focus Group Discussion dengan tema “Menakar Kesiapan Masyarakat Menjelang Kenaikan Harga BBM” yang dilaksanakan hari ini (17/11) di Rumah Makan Red Chilli.

Diskusi intensif yang dihadiri oleh dosen dari Program Studi Hubungan Internasional, Dosen Jurusan Ilmu Politik serta para aktivis dan berbagai kalangan ini meghadirkan narasumber pakar kebijakan publik dari Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsoed yaitu Drs. Solahuddin Kusumanegara, M.Si. Dalam paparannya, narasumber menekankan perlunya mengkaji apakah kebijakan tersebut akan mengatasi masalah dalam masyarakat atau justru menambah masalah baru yang akan memperparah kondisi sosial ekonomi dan politik masyarakat.

Menurut Luthfi Makhasin, Ph.D menyatakan pentingnya realokasi dan redistribusi subsidi BBM untuk sektor-sektor kesehatan, pendidikan, pengembangan infrastruktur dan sarana transportasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat di kalangan paling bawah yang disambung oleh Khairu Roojiqien, S.IP,MA perlu membuat kebijakan radikal untuk mengurangi konsumsi BBM terutama di kota-kota besar. Menurut Renny Miryanti, S.IP,M.Si menyatakan bahwa kebijakan BBM tidak berdiri sendiri sehingga harus ada berbagai kebijakan yang berkaitan dengan bagaimana menyiapkan masyarakat apabila kebijakan ini dilakukan tapi juga harus melakukan tekanan terhadap kebijakan pemerintah agar menjadi berpihak terhadap rakyat.

Focus Group Discussion ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Laboratorium Hubungan Internasional sebagai upaya merespon isu-isu yang berkembang dalam masyarakat sehingga bisa memberikan sumbang saran atau alternatif solusi bagi masalah-masalah yang ada.

Maju Terus Pantang Menyerah! (Tj)

 

KOPERASI SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PASCA BENCANA

Pengembangan koperasi sangat penting dan strategis sebagai model penguatan kelembagaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pasca terjadinya bencana di lokasi-lokasi yang terkena dampak terparah. Demikian salah satu butir pemikiran yang disampaikan oleh akademisi FISIP UNSOED (Dr. Masrukin, M.Si, Ahmad Sabiq, SIP. MA dan Adhi Iman Sulaiman, SIP. M.Si) dalam 2014 International Economics Development and Research Centre (IEDRC) Hongkong Conferences. Tim yang diketuai oleh Dr. Masrukin, M.Si ini mendasarkan pendapatnya pada hasil penelitian pada desa-desa terparah yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi dimana usaha ekonomi masyarakatnya belum dapat berkembang dengan baik sehingga membutuhkan program dan pelaksanaan pemberdayaan dengan pendampingan yang berkesinambungan. Di sisi lain masyarakat banyak yang beralih profesi atau jenis usaha ke penambangan pasir yang ke depan tentunya tidak sustainable sebagai mata pencaharian. Karenanya koperasi sangatlah dibutuhkan sebagai kelembagaan ekonomi masyarakat yang dapat menjadi induk usaha bagi pengembangan semua jenis usaha masyarakat dalam hal ijin usaha, permodalan, pemasaran maupun jaringan kemitraan. Namun demikian hal ini membutuhkan adanya sinergitas, koordinasi dan kerjasama antara pemerintah, perguruan tinggi, LSM/NGOs, bank dan sector swasta lainnya untuk melakukan program pemberdayaan dan pendampingan.

Konferensi Internasional yang dilaksanakan pada 8-9 November 2014 di Cityview Hotel Hongkong ini diikuti oleh partisipan dari berbagai belahan dunia. Nuansa internasional benar-benar terasa karena hadir perwakilan akademisi dari seluruh benua (Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia). Paper tim akademisi FISIP UNSOED yang berjudul Community Empowerment Model through Cooperative for the Villages Most Severely Affected By Eruption of Merapi ini terpilih untuk dipublikasikan dalam International Journal of Social Science and Humanity.

Tags: 

FKIK UNSOED Menerima Kunjungan Universitas Muria Kudus

(fkik.unsoed.ac.id) Selasa, 18 November 2014, bertempat di ruang serbaguna Laboratorium Skill gedung FKIK UNSOED  Purwokerto  menerima kunjungan dari Universitas Muria Kudus berjumlah 8 orang yang terdiri dari Rektor, Para Pembantu Rektor, Direktur dan mantan Direktur Rumah Sakit Kudus,  Kabag TU dan Ketua Yayasan. Rombongan disambut  oleh Dekan FKIK, Dr. Warsinah, M.Si, Apt, Para Wakil Dekan serta jajaran pimpinan di lingkungan FKIK UNSOED. Adapun maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah studi banding perihal rencana pendirian program Pendidikan Dokter di Universitas Muria.

Sebelum menyampaikan sambutan, Wakil Dekan I FKIK UNSOED, dr. Wahyu Siswandari, Sp. PK, M.Si.Med terlebih dahulu memperkenalkan para pimpinan jurusan Kedokteran dan jajaran yang ada di Dekanat FKIK. Kemudian dilanjutkan pemaparan tentang profil FKIK dan SOTK di Unsoed dalam Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu. Dekan FKIK, Dr. Warsinah, M.Si. Apt, Ketua Jurusan Kedokteran, dr. H.M Zaenuri Syamsu Hidayat, Sp.KF.M.Si.Med, Sekretaris Jurusan Kedokteran,  dr. Joko Mulyanto, M.Sc dan dr. Hj. Retno Widiastuti , MS juga menambahkan informasi dan pengalamannya mengenai proses pendirian serta berbagai hambatan awal dalam mendirikan program pendidikan dokter.

Acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata, dilanjutkan dengan orientasi lingkungan perihal pembelajaran dan pendidikan yang ada di Jurusan Kedokteran FKIK dan foto bersama.

 FKIK UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah !!! (LI35)

 

Tags: 

Dr. Hariyadi, Paparkan Budaya Pop Islam dan Identitas Anak Muda Muslim Indonesia di UNPAD

Sebuah penghormatan dan penghargaan bagi Civitas Akademika ketika diiundang untuk menyampaikan pemikiran-pemikirannya di forum ilmiah diluar “rumahnya”. Kali ini Dr. Hariyadi, staf pengajar di Jurusan Sosiologi Fisip UNSOED diundang untuk menyampaikan pemikiran-pemikirannya di seminar tentang Budaya Pop Islam dan Identitas Anak Muda Muslim Indonesia. Seminar yang digelar Departemen Susastra dan Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran ini dilaksanakan pada Kamis (13/11) lalu. Pada kesempatan ini Dr. hariyadi tampil bersama Trisna Gumilar, MA., dari Universitas Padjadjaran.

Pada kesempatan ini Dr. Hariyadi memaparkan hasil penelitiannya yang merupakan tesis doktoralnya di University of Western Australia, yang berjudul Budaya Populer Islam dan Identitas Anak Muda Muslim Indonesia. Munculnya budaya populer merupakan produk dan praktek Islam mencerminkan perubahan dramatis dalam identitas Muslim. “Budaya pop Islam merupakan tantangan bagi budaya populer yang berlaku, budaya pop Islam merongrong dan mengganggu kepekaan modernis sekuler serta tradisionalis muslim”, paparnya. Budaya pop Islam merupakan masukan munculnya identitas baru di kalangan umat Islam Indonesia yang ditandai dengan sikap modern dan saleh. Islam yang pada awalnya  oleh kapitalis dipandang sebagai budaya kelas kurang berpendidikan dan miskin, menjadi menjadi menonjol melalui teknologi produksi massal, industrialisasi dan arus global.

Budaya Islam popular makin marak karena didukung oleh banyak media, film-film maupun buku-buku islami yang bisa dipelajari sendiri.  Buku sebagai bahan mudah dicerna bagi yang membutuhkannya. Anak muda muslim menyesuaikan saran dari film dan buku ke dalam kehidupan mereka dengan longgar dan selektif.  Anak muda Muslim Indonesia adalah agen sosial yang memiliki pengetahuan tentang sistem sosial di mana mereka berasal dan bertindak untuk tidak hanya mereproduksi sistem, tetapi juga memodifikasi sistem sesuai dengan kebutuhan mereka. Identitas mereka masih harus diperbaiki dan mungkin akan selamanya 'dalam proses' sebagai anak muda Muslim Indonesia yang terus mencari dan membangun identitas mereka.

Tags: 

UNSOED Runner Up INDONESIAN YOUTH FESTIVAL OF SCIENCE

[unsoed.ac.id, Kam, 20/11/14] UNSOED Tak lelah mendulang prestasi, kali ini mahasiswa Unsoed kembali meraih penghargaan bergengsi di ajang kompetisi ilmiah tingkat nasional. Prestasi bergengsi kembali diperoleh Tim Unsoed yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Pertanian, yakni Arifin Budi Purnomo (Agribisnis ‘12) dan Rizqi Ahmad Maulidi (ITP ‘10). Dua mahasiswa yang tergabung dalam Tim Soedirman Muda berhasil meraih posisi Runner Up di ajang Lomba Karya Tulis Mahasiswa tingkat nasional Indonesian Youth Festival Of Science (INOVASI) 2014 yang diselenggarakan di kampus merah Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Indonesian Youth Festival Of Science (INOVASI) merupakan event ilmiah tingkat nasional yang diadakan setiap tahun oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Ilmiah Universitas Hasanuddin Makassar. Event yang terdiri dari berbagai jenis lomba seperti Lomba Karya Tulis Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Siswa, Lomba Orasi Ilmiah, Lomba Esai Nasional, serta Lomba Kreativitas Pangan Lokal kali ini mengangkat tema Ketahanan Pangan Berbasis Inovasi Pangan Lokal untuk Kemandirian Indonesia.

Event nasional ini diikuti oleh berbagai tim dari berbagai universitas di Indonesia yang telah melewati berbagai tahap seleksi yakni mulai dari seleksi administrasi, hingga seleksi full paper. Sebanyak 15 tim dinyatakan sebagai finalis dan di undang untuk mempresentasikan karyanya di kampus Universitas Hasanuddin Makassar. Lima belas finalis tersebut terdiri dari; 2 Tim Universitas Hasanuddin, 2 Tim Universitas Brawijaya, Tim Universitas Jenderal Soedirman, Tim Institut Teknologi Sepuluh November, Tim Universitas Diponegoro, Tim Universitas Airlangga, Tim Universitas Sebelas Maret, Tim Universitas Negeri Jakarta, Tim Universitas Muhammadiyah Makassar, Tim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tim Universitas Lambung Mangkurat, Tim Universitas Tadulako, dan Tim Universitas Sriwijaya.

Acara presentasi babak final kategori Lomba Karya Tulis Mahasiswa dilaksanakan pada serangkaian acara INOVASI 2014 yang dimulai dari tanggal 14 hingga 16 November 2014 di Kampus Universitas Hasanuddin Makassar. Dengan mengangkat potensi lokal Kabupaten Purbalingga, paper Tim Unsoed yang berjudul “Degreening Jeruk Siem (Citrus Microcarpa L) Sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Buah Jeruk Lokal Kabupaten Purbalingga Dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Indonesia” akhirnya mampu menyisihkan 13 tim pesaing dari universitas lain. Dengan bermodal kepercayaan diri dan semangat perjuangan menuju ke Makassar, Tim Soedirman Muda meraih posisi kedua sebagai runner up dibawah Tim Institut Teknologi Sepuluh November.“Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan akan segala hal hingga akhirnya tim Unsoed dapat meraih juara. Bukan perkara yang mudah tatkala berkompetisi di kampus lain. Selain harus berbekal pada penguasaan materi, pengendalian emosi dan mental juga menjadi faktor penentu persaingan dengan universitas besar lainya. Percaya bahwa kita mampu bersaing dengan mereka, fokus pada potensi dan tidak perlu bernyali ciut sebelum bertanding” ungkap Arifin selaku ketua tim.

Acara yang juga menghadirkan pembicara dari Kementerian Pertanian serta Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia dalam sebuah seminar nasional ini mengusung tema besar Pangan Lokal untuk Ketahanan Pangan Indonesia. Potensi besar pangan lokal di setiap daerah di Indonesia yang akhir-akhir ini justru ditinggalkan perlu digencarkan kembali demi menyongsong ketahanan pangan nasional. Maka dari itu upaya dalam menggencarkan pagan lokal perlu dimulai dari para generasi muda mahasiswa, salah satunya dengan menuangkan gagasan-gagasan kreatif dalam event seperti ini.

TOEIC International Test, UPT Bahasa UNSOED

[unsoed.ac.id, Kam,20/11/14] Test of English as International Communication (TOEIC) INTERNATIONAL merupakan salah satu bentuk English Proficiency Test yang berfokus pada bahasa Inggris untuk alat komunikasi. Score TOEIC INTERNATIONAL ini akan sangat bermanfaat bagi para pemegang score untuk melamar pekerjaan bagi perusahaan nasional, multinasional maupun BUMN. Selain itu, TOEIC INTERNATIONAL score juga bisa dimanfaatkan untuk melamar beasiswa yang diselenggarakan di beberapa negara ASIA seperti Jepang dan Korea.

Dengan diresmikannya UPT Bahasa Unsoed sebagai salah satu test center resmi TOEIC Internasional dari International Test Center (ITC) Jakarta, UPT Bahasa UNSOED akan menggelar test TOEIC INTERNATIONAL pada Sabtu, 6 Desember 2014 pukul 09:30 WIB dengan durasi test dua jam. UPT Bahasa UNSOED yang menjalin kerja sama resmi dengan ITC untuk pertama kali menggelar test TOEIC Internasional dalam format TOEIC Listening-Reading.  Sebagai test center, UPT Bahasa Unsoed dan ITC menawarkan test TOEIC INTERNATIONAL dengan penawaran biaya yang sangat terjangkau dengan bantuan subisidi dana yang dipersembahkan oleh ITC. Bagi keluarga besar Unsoed termasuk mahasiswa, dosen dan para karyawan, TOEIC INTERNATIONAL tersebut berbiaya sebesar Rp. 300.000,-. Dengan tawaran biaya bersubsidi yang sangat terjangkau, UPT Bahasa Unsoed berharap akan banyak peserta yang terjalin dan mengikuti test TOEIC INTERNATIONAL ini. Bagi yang berminat pendaftaran dibuka hingga Jumat, 28 November 2014 pukul 14:00 di kantor UPT Bahasa di Lapangan Grendeng Jalan Kampus Grendeng dengan persyaratan membawa fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) atau kartu Identitas Unsoed. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Cindy 085726201422. 

Akademisi Fisip UNSOED Paparkan Hasil Penelitiannya di IEDRC

[unsoed.ac.id, Rab, 19/11/14] Satu lagi pengakuan internasional atas hasil penelitian akademisi FISIP UNSOED. Penelitian yang dilakukan di daerah terdampak bencana erupsi Gunung Merapi, bertujuan untuk mencari model pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengembangan koperasi sangat penting dan strategis sebagai model penguatan kelembagaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pasca terjadinya bencana di lokasi-lokasi yang terkena dampak terparah. Demikian salah satu butir pemikiran yang disampaikan oleh akademisi FISIP UNSOED (Dr. Masrukin, M.Si., Ahmad Sabiq, S.IP., M.A., dan Adhi Iman Sulaiman, S.IP. M.Si.) dalam 2014 International Economics Development and Research Centre (IEDRC) Hongkong Conferences.

Tim yang diketuai oleh Dr. Masrukin, M.Si. ini mendasarkan pendapatnya pada hasil penelitian pada desa-desa terparah yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi di mana usaha ekonomi masyarakatnya belum dapat berkembang dengan baik, sehingga membutuhkan program dan pelaksanaan pemberdayaan dengan pendampingan yang berkesinambungan. Di sisi lain masyarakat banyak yang beralih profesi atau jenis usaha ke penambangan pasir yang ke depan tentunya tidak sustainable sebagai mata pencaharian. Karenanya koperasi sangatlah dibutuhkan sebagai kelembagaan ekonomi masyarakat yang dapat menjadi induk usaha bagi pengembangan semua jenis usaha masyarakat dalam hal ijin usaha, permodalan, pemasaran, maupun jaringan kemitraan. Namun demikian hal ini membutuhkan adanya sinergitas, koordinasi dan kerjasama antara pemerintah, perguruan tinggi, LSM/NGOs, bank, dan sektor swasta lainnya untuk melakukan program pemberdayaan dan pendampingan.

Konferensi Internasional yang dilaksanakan pada 8-9 November 2014 di Cityview Hotel Hongkong ini diikuti oleh partisipan dari berbagai belahan dunia. Nuansa internasional benar-benar terasa karena hadir perwakilan akademisi dari seluruh belahan dunia, Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia. Paper tim akademisi FISIP UNSOED yang berjudul Community Empowerment Model through Cooperative for the Villages Most Severely Affected By Eruption of Merapi ini terpilih untuk dipublikasikan dalam International Journal of Social Science and Humanity.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Akademisi FEB UNSOED Paparkan Sektor Maritim Dalam Seminar Kebijakan Sektor Publik di KJRI Guangzhou

​[unsoed.ac.id, Rab, 19/11/14] Mengangkat tema tentang “Kebijakan Sektor Publik di Era Pemerintahan Baru”, Icuk Rangga Bawono, SH, SE, M.Si, MH, Ak (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman/UNSOED) menjadi pembicara seminar yang diselenggarakan di ruang Aula KJRI Guangzhou, Sabtu (8/11).

Dihadapan limapuluh peserta seminar yang kebanyakan terdiri dari para mahasiswa Indonesia di Guangzhou dan sekitarnya. Disampaikan bahwa perubahan kepemimpinan akan membawa perubahan dalam kebijakan sektor publik Indonesia dari semua aspek. Presiden Joko Widodo telah menekankan sektor maritim menjadi fokus utama pembangunan ekonomi Indonesia sehingga pelayanan publik di sektor ini akan direposisi menjadi tulang punggung ekonomi bangsa dalam membantu Indonesia menurunkan jumlah penduduk miskin dan memperkuat ketahanan pangan. Perubahan kepemimpinan akan membawa perubahan dalam kebijakan sektor publik Indonesia dari semua aspek. Beberapa hal yang menjadi catatan bagi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah belum tegaknya reformasi hukum sepenuhnya, masih banyaknya penduduk miskin, besarnya hutang luar negeri dan belum terpenuhinya kedaulatan pangan.

Para peserta seminar tampak sangat antusias mendengarkan seminar ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan berbobot yang dilontarkan. Secara khusus, beliau juga menjelaskan visi dan misi kebijakan pemerintahan baru dan menerangkan kebijakan sektor publik era Presiden Joko Widodo seperti konsep Nawacita, Indonesia Sehat, Indonesia Kerja dan Indonesia Sejahtera.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Bedah Buku oleh Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UNSOED

[unsoed.ac.id, Rab, 19/11/14] Bertempat di Aula FISIP UNSOED (Selasa 18/11) Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UNSOED menggelar bedah buku. Buku yang dibedah adalah karya Dr. Bambang Istianto, M.Si., yang berjudul Potret Buram Politik Indonesia. Kegiatan bedah buku yang dimoderatori oleh Muhammad Yamin, S.IP., M.Si tersebut menghadirkan pembicara yaitu beliau Dr. Bambang Istianto, M.Si., selaku penulis, didampingi oleh  Ahmad Sabiq. SIP., MA dan Dr. Riris Ardhanariswari, SH.,MH.

Dekan FISIP UNSOED yang hadir untuk membuka acara, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas diadakannya acara ini. Beliau juga memberikan penjelasan bahwa CEPP merupakan pusat kajian yang didirikan awal tahun 2014 atas prakarsa Universitas Indonesia. CEPP merupakan jaringan kajian dalam rangka mendorong pendidikan politik di Indonesia. Jaringan CEPP saat ini sudah mencapai 40 perguruan tinggi.Selain diskusi interaktif, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian sumbangan buku dari penulis kepada FISIP UNSOED untuk menambah kepustakaan fakultas.

Maju Terus Pantang Menyerah!

LP3M Gelar Lokakarya Pedoman Penyusunan Legal Drafting

[unsoed.ac.id, Rab, 19/11/14] Amanat UUD NKRI 1945 merupakan momentum yang tepat untuk menciptakan produk hukum yang sesuai dengan kondisi sekarang maupun yang akan datang. Hal tersebut diikuti lahirnya UU No 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan perundang undangan, Perpres No 87 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang Undangan dan Permendikbud No 6 Tahun 2013 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Ketiga landasan hukum tersebut menjadi dasar hukum peraturan dan keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman. Hal ini perlu diketahui oleh para pejabat struktural di Universitas Jenderal Soedirman dalam membuat naskah dinas.

Selasa, (18/11) pukul 09.00 – 16.00 WIB bertempat di Ruang Rapat LP3M diselenggarakan Lokakarya Pedoman Penyusunan Legal drafting Unsoed Tahun 2014 yang dihadiri sebanyak 40 orang. Materi disampaikan oleh H. Abdul Azis Nasihudin, SH, MM, MH tentang Aspek Formal dan Kelembagaan Dalam Penyusunan Peraturan dan Keputusan di Unsoed dan Kartono, SH, MH tentang Penyusunan Peraturan dan Keputusan Aspek Substansi.

Dr. Slamet Rosyadi (Ketua panitia Lokakarya sekaligus Kepala Pusat pengembangan Tenaga Kependidikan LP3M Unsoed) dalam sambutannya mengatakan Hingga sekarang ini belum ada pedoman baku nota dinas  Universitas, yang ditetapkan oleh Rektor. Untuk itu setelah mengikuti lokakarya ini diharapkan peserta memberikan masukan solusi dan permasalahan di dalam lokakarya sebagai rekomendasi. Sehingga nanti kedepan ada keseragaman serta lebih mudah membuat Nota Dinas yang benar dan tepat. “Ada 16 bentuk nota dinas yang ada, namun sementara kedepan akan dikerjakan dua terlebih dahulu yaitu peraturan dan keputusan”, ungkapnya.

Maju Terus Pantang Menyerah!(eNdg)

Halaman

Subscribe to Test RSS

Buletin

Jangan mau ketinggalan berita yang menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan kami.

Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto 53122.

EMAIL DAN SOSIAL MEDIA