Test RSS

Festival Amerika Latin Prodi HI FISIP UNSOED

[unsoed.ac.id, Jum, 19/12/14] One Day in Latin America menjadi tema acara yang digelar Prodi HI Unsoed di Aula FISIP, Rabu, 17 Desember 2014. Acara ini digelar sebagai kegiatan dari mata kuliah Kajian Amerika Latin yang diselenggarakan di semester ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplor pengetahuan mahasiswa tentang segala hal yang berkaitan dengan Kawasan Amerika Latin serta mengenalkan pada civitas akademika dan masyarakat umum tentang budaya, profil negara, kuliner serta permainan dan berbagai hal unik yang ada di negara-negara Amerika Latin.

Acara yang kental dengan nuansa Amerika Latin mulai dari dekorasi, dress code dan sesi photo booth bagi para pengunjung dengan asesoris khas Amerika Latin ini dibuka oleh Wakil Dekan III, Drs Andi Antono, M.Si dan dihadiri oleh Kaprodi HI, Tundjung Linggarwati, M.Si, para dosen dan mahasiswa serta masyarakat umum.  Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa Prodi HI selalu memberikan sesuatu yang khas dan menarik yang menjadikan Prodi HI selalu dinamis dan tidak monoton. Sudah saatnya pengenalan pada sesuatu hal tidak harus dilakukan di kelas secara formal tetapi melalui kegiatan festival yang meriah.

Suasana menjadi sangat meriah ketika ditampilkan lagu-lagu khas Amerika Latin para dosen antara lain Drs.Ashari, M.Pd dari Fakultas Ilmu Budaya dan Ayusia Sabhita Kusuma, M.Soc dari Prodi HI yang disambut pengunjung yang menari bersama. Penampilan di atas panggung juga dimeriahkan oleh para mahasiswa Prodi HI dan juga tarian salsa yang merupakan tarian khas Amerika Latin oleh d jonteez salsa komuniti yang menghibur para pengunjung. Para penari sekaligus mengajak para pengunjung menari bersama dengan tutorial singkat sehingga seluruh pengunjung bisa menikmati suasana Amerika Latin yang sesungguhnya.



Selain acara penampilan di atas panggung, festival juga menampilkan aneka kuliner khas Amerika Latin yang bisa dinikmati pengunjung seperti tortilla dan empanadas serta berbagai minuman khasnya. Pameran foto tokoh-tokoh Amerika Latin, buku-buku dan cindera mata khas juga mewarnai kegiatan ini. Sejumlah permainan dari Amerika Latin juga bisa dimainkan oleh para pengunjung yang menambah kemeriahan acara ini.

Dalam acara ini mahasiswa menggunakan berbagai kostum dan atribut khas Amerika Latin yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan sesi foto. Pengunjung bisa memilih untuk berfoto bersama para mahasiswi dan mahasiswa yang berpakaian ala miss / mister dari negara-negara Amerika Latin yang sekaligus berkewajiban menjelaskan tentang profil negara yang diwakilinya. Acara diakhiri dengan mengajak seluruh pengunjung menari Asereje yang pernah popular beberapa tahun lalu.

Melalui acara ini diharapkan pengenalan dan pemahaman tentang Amerika Latin dapat merangsang minat mahasiswa untuk melakukan kajian akademik tentang kawasan tersebut dan diharapkan tradisi untuk membuat dan menampilkan acara yang bersifat edutainment dapat dikembangkan.

Maju Terus Pantang Menyerah !

 

11th Law Faculty English Debate Competition

[unsoed.ac.id, Jum, 19/12/14] Dalam rangka meningkatkan minat dan kompetensi mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED untuk mempelajari bahasa Inggris, Justitia English Club menggelar lomba debat Bahasa Inggris antar mahasiswa Fakultas Hukum UNSOED dengan mengusung tema “ Don’t limit your challenge, challenge your limit”. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 19 – 21 Desember 2014 di Aula Justitia III Fakultas Hukum. Sebanyak  10 tim yang masing-masing Tim diisi 3 orang berlomba menjadi yang terbaik dalam ajang 11th Law Faculty English Debate Competition. Rotua Nauli selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa “This 11th LFEDC have them there’s, “ Don’t limit your challenge, challenge your limit”, means that every student in Law Faculty should challenge their limit to face the Globalization it means your limit in english must improve.” Justitia English Club (JEC) merupakan UKM Fakultas Hukum yang konsen dibidang pembelajaran dan pelatihan bahasa inggris, JEC juga menyediakan banyak kegiatan - kegiatan menyenangkan lainnya. Sesuai dengan slogan JEC adalah Satu Keluarga Besar.

11th Law Faculty English Debate Competition di buka oleh Dekan Dr. Angkasa, SH.,M.Hum, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Lomba debat Bahasa Inggris sudah menjadi bagian penting dalam persaingan global untuk meningkatkan kualitas daya saing bangsa. Hal ini dikarenakan, di dalam debat Bahasa Inggris, terdapat tuntutan penggunaan kombinasi kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan berargumentasi. Judgement yang dihasilkan dalam penyampaian argumentasinya perlu melalui alasan dan dukungan fakta yang jelas. Oleh karena itu di dalam kegiatan debat mahasiswa dituntut untuk tidak hanya mengetahui isu-isu global tetapi juga menganalisisnya guna meyakinkan publik dengan cara menginternalisasikan dan mengkomunikasikan kemampuan berpikir kritisnya dalam bahasa Inggris.

Dengan adanya lomba debat bahasa Inggris antar mahasiswa se-Fakultas Hukum UNSOED ini diharapkan dapat menjadi ajang menginternalisasikan semangat kompetisi akademis yang positif, oleh karena bahasa yang dipakai adalah dalam bahasa Inggris, maka juga diharapkan menjadi media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala lokal menuju internasional. Dengan demikian hasil lulusan Fakultas Hukum UNSOED mempunyai daya saing yang lebih baik.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Kunjungan HIMA Biologi UNS ke Fakultas Biologi UNSOED

[unsoed.ac.id, Jum, 19/12/14] Walaupun sudah dipenghujung tahun 2014, tak menyurutkan semangat Kementerian Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Biologi untuk tetap menjalankan program kerjanya. Sabtu, 13 Desember lalu, BEM Fabio Unsoed menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMA Biologi) UNS. Kunjungan HIMA Biologi UNS ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan studi banding di BEM Fabio Unsoed. Rombongan yang berjumlah sekitar 30 orang ini disambut antusias oleh pengurus dan anggota BEM Fabio.

Acara ini dimulai dengan perkenalan anggota kabinet dan pembahasan tentang deskripsi program kerja dari masing-masing kementerian BEM Fabio Unsoed dan HIMA Biologi UNS.“Kami tertarik berkunjung kesini karena Fakultas Biologi berdiri sendiri, tidak seperti Biologi UNS yang bergabung di FMIPA,”jelas Rizal Ketua HIMA Biologi UNS. “Jadi kami ingin mengetahui tentang program-program dan pelaksanaannya yang dilakukan oleh BEM Fabio Unsoed”, tambahnya.

Setelah pemaparan dari masing-masing, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antar anggota BEM Fabio Unsoed dengan  HIMA Biologi UNS. Ada program menarik dari HIMA Biologi UNS, yaitu program “Kelompok Study”. Kelompok Study ini layaknya kerja kelompok yang terkoordinir sehingga mampermudah pemantauan mahasiswa dalam memahami mata kuliah tertentu yang dirasa sulit maupun dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Bayu Menteri Kajian dan Strategi BEM Unsoed tertarik dengan program ini dan kedepannya bisa diterapkan di Fakultas Biologi ini, “KS program yang positif yang tentunya memberikan manfaat bagi mahasiswa dengan adanya transfer ilmu, dan secara tidak langsung melatih mahasiswa untuk kerjasama dalam tim,”ungkapnya.

Dalam acara ini juga diperkenalkan mengenai Ikatan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI). Agar Mahasiswa Biologi solid dan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai intelektual sebagai cerminan masyarakat ilmiah melalui kegiatan aktivitas ilmiah dan terus melakukan program yang meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Banyak manfaat yang diambil dalam kunjungan ini bagi masing-masing pihak, selain silaturahmi, juga memperluas link dan tentunya memberikan kesempatan untuk kerjasama kedepannya. Maju Terus Pantang Menyerah! (BEM/APR)

 

Tim Debat FH UNSOED Berhasil Meraih Juara-1 Dalam Lomba Essay-Debat se-Kabupaten Banyumas "Soedirman Open Challenge"

[unsoed.ac.id, Jum, 19/12/14] Suatu kebanggaan bagi fitrah Akbar citrawan (2012), Elisa sugito (2011), Dan siti juariah (2012), mereka mewakili Fakultas Hukum Unsoed dan berhasil meraih juara 1dalam lomba Essay-Debat se-Kabupaten Banyumas "Soedirman Open Challenge", Sabtu, (13/12) . Tema Essay yang mereka usung adalah Prepare Yourself to Accept Asean Economic Community 2015. Acara "Soedirman Open Challenge" diadakan oleh Unit kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset (UKMPR) unsoed bekerjasama dengan Nurses Research Community (NRC).

Dalam Essaynya mereka mengemukakan bahwa Masyarakat ekonomi ASEAN sudah di depan mata, bangsa indonesia khususnya para pemuda sudah harus siap dan mempersiapkan diri dalam menghadapi segala dinamika perubahan yang akan datang, pemikiran-pemikiran kritis dan solutif harus terus di kembangkan dengan berbagai cara baik dengan cara yang bersifat kompetitif maupun tidak, slogan Indonesia adalah macan ASEAN semoga tidak hanya sebuah cerita belaka tapi berbuah fakta yang direalisasikan melalui masyarakat ekonomi asean 2015 nanti. Berkat Kerja keras, fokus, dan semangat yang tinggi yang berhasil terelaborasi sehingga Tim Debat FH Unsoed mencapai posisi terbaik di "Soedirman Open Challenge". 

Maju Terus Pantang Menyerah!

Warna-Warni Budaya Launching Fakultas Ilmu Budaya

[unsoed.ac.id, 19/12/14] Dalam rangka launching Fakultas Ilmu Budaya, Generasi Seni Mahasiswa Ilmu Budaya (GEMA) mengadakan pentas seni bertema” Warna-Warni Budaya” kamis (18/12). Dalam acara yang bertempat di halaman FIB tersebut akan dipentaskan kesenian tradisional dari berbagai Negara yang merupakan jurusan di FIB yaitu Indonesia, Inggris, Mandarin dan Jepang. Beberapa kesenian yang ditampikan antara lain pertunjukan kentongan, tarian jepang Yosakai dan Skura, tarian waltz dan waltzing Matilda dari inggris, dan barongsai yang mewakili kesenian mandarin. Selain itu juga kan ditampilkan musikalisasi puisi dan aksi teatrikal, tari saman dan tari banyumasan. Pemutaran dua film indie karya mahasiswa FIB yang memenangkan lomba di tingkat universitas juga akan dilaksanakan.

Dekan FIB, Drs. Bambang Lelono, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa FIB akan senantiasa mengembangkan konsep berkepribadian dalam kebudayaan. Dalam pengembangan kebudayaan berbasis perdesaan yang mengacu pada kearifan lokal, FIB akan senantiasa membangun keilmuan untuk menjadi pusat pengembangan kebudayaan (Culture Center). Selaras dengan pendapat tersebut, dekan fakultas peternakan yang dalam hal ini mewakili rector mengungkapkan harapan terhadap FIBI. Tri dharma perguruan tinggi terutama penelitian di kajian budaya harus lebih dikembangan. “Termasuk support kepada fakultas lain pada kajian tertentu yang membutuhkan lintas disiplin ilmu dengan muatan budaya,” beliau menambahkan.

Acara pembukaan yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng tersebut dijadwalkan akan selesai pada pukul 22.00. Tak hanya pertunjukan seni tari dan musik, pameran fotografi, pameran karya dan pameran instalasi desain grafis 3D juga turut serta memeriahkan acara.

Maju terus pantang menyerah!

UNSOED Terima kunjungan SMA YPK Bontang

UNSOED kembali menjadi tujuan kunjungan SMA.  Kali ini UNSOED menerima kunjungan dari  siswa – siswa kelas XI SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang (SMA YPK Bontang) dan Guru Pendamping. Rombongan ini diterima oleh Kepala Biro Adm. Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Krisnhoe Maya Woelandari, M.M., dan Kepala Bagian Akademik Kusja SIP, serta Kepala Subagian Akademik dan Evaluasi Didin Syamsudin, SE. di Ruang Rapat Rektorat Lantai 1 UNSOED, Kamis (18/12).

Endang Werdiningsih, S.Pd selaku Guru Pendamping SMA YPK Bontang dalam sambutanya mengatakan bahwa kunjungan ini diikuti oleh 75 Siswa dan 4 Guru Pendamping.  Kunjungan ini diharapkan sisiwa-siswa SMA YPK bontang  dapat mengetahui  informasi tentang fakultas, Program Studi, Fasilitas, Sarana dan Prasarana pada Universitas Jenderal Soedirman. “Akhir – akhir ini siswa kami mulai tertarik  di unsoed terbukti tahun kemarin  beberapa anak didik kami banyak yang diterima terutama di fakultas kedokteran dan mudah-mudahan anak didik kami pada tahun depan banyak yang diterima di unsoed,” jelasnya.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Krisnhoe Maya Woelandari, M.M. dalam sambutannya memaparkan mengenai pemilihan program studi  yang tepat diharapkan sesuai peminataan serta prestasi akademik masing-masing dan daya tampung sehingga mengetahui persainganya. Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Akademik Kusja, SIP memaparkan Profil singkat unsoed, gambaran tentang fakultas beserta program studi, beasiswa dan faslitas – fasilitas silingkungan unsoed.  Maju Terus Pantang Menyerah !

Kader Posdaya se-Korwil III Dilatih Sistem Informasi Posdaya

[unsoed.ac.id, Kam, 18/12/14] UNSOED sebagai pelopor KKN Posdaya terus melakukan inovasi.  Kali ini LPPM UNSOED menggelar pelatihan kader posdaya se-korwil III Jateng.  Pelatihan Sistem Informasi Posdaya ini diikuti oleh 48 peserta dari 12 perguruan tinggi termasuk dari Ciamis.  Hal ini sebagaimana disampaikan Korwil III, Dr.Agr.Sc Yusuf Subagyo.  “Sistem informasi ini adalah teknologi yang akan memudahkan pendataan posdaya dan perkembangannya maupun profilnya,” jelasnya.

Ketua LPPM UNSOED, Prof.Ir Totok Agung DH.,MP.Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pertemuan korwil III posdaya ini memiliki nilai strategis bagi banyak pihak. “Strategis bagi para pengurus posdaya untuk bertukar pengalaman, strategi, dan cara menghidupkan posdaya,” jelasnya.  Kegiatan ini strategis juga buat mahasiswa bertemu dengan para aktivis posdaya

   

Porf. Totok Agung juga kembali menjelaskan bahwa posdaya adalah konsep pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada satu paradigma dan keyakinan bahwa kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat hanya dapat terwujud apabila keluarga itu berdaya.  “Dimulai dari keluarga sebagai inti masyarakat dan reaktivasi atau reurgensi gotong royong,” jelasnya.  Dalam implementasi inilah muncul banyak model seperti KKN Posdaya, Posdaya berbasis masjid, melalui ukm, umkm, koperasi dsb.  UNSOED misalnya dikenal sebagai pengembang model KKN Posdaya.

Sistem Informasi Posdaya yang disebut sipku dan beralamat di sipku.lppm.unsoed.ac.id ini adalah merupakan sistem yang dikembangkan oleh Mahasiswa Teknik Informatika Unsoed Galih Surya Baskoro.  Dengan sistem ini dapat dilihat profil setiap posdaya termasuk pengurusnya, kegiatan masing-masing posdaya, informasi umum, mengelola kas, produk unggulan, bahkan hingga mencetak laporan kegiatan.  Sistem ini secara umum telah membuat konektivitas para kader, aktivis, maupun penggerak posdaya semakin intens.  Perkembangan posdaya juga dapat dipantau setiap saat.  Maju Terus Pantang Menyerah !

Kapolres Banyumas beri kuliah umum Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Fakultas Hukum

[unsoed.ac.id, Rab, 17/12/14] Kapolres Banyumas AKBP Murbani Budi Pitono, S.Ik, M.SI menyambangi Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman. Kedatangan Kapolres Banyumas dalam rangka untuk memberikan kuliah umum dengan tema "Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Polres Banyumas", Rabu (17/12). Kapolres Banyumas tiba di Kampus yang beralamat di Jl. Prof. dr. H.R. Boenyamin No 708 Grendeng Purwokerto sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolres Banyumas disambut oleh Dekan Fakultas Hukum Unsoed Dr. Angkasa, SH, M.Hum dan Wakil Dekan I Dr. Setya Wahyudi, S.H.,M.H.. Keduanya langsung memasuki ruang Dekanat sebelum memasuki acara. Kapolres Banyumas yang datang ditemani Kasat Narkoba AKP Supariya, S.H itu sudah direncanakan akan mengisi kuliah umum di Aula Justitia 2 Fakultas Hukum unsoed. Ada 150 peserta dari mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum ini.

Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Hukum menyampaikan “Kami memilih topik ini dan mengundang praktisi yaitu dari pihak kepolisian agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan wawasan terutama dari aspek regulasi maupun bahaya penyalahgunaan narkoba, Dekan juga berharap keluarga besar Fakultas Hukum Unsoed tidak ada yang menyalahgunakan narkoba.

Kapolres Banyumas dalam pemaparannya mengatakan bahwa kita harus menganggap masalah narkoba merupakan masalah yang darurat, tujuannya adalah kita agar serius karena masalah penyalahgunaan narkoba mempengaruhi masa depan bangsa. Kapolres menambahkan ada 3 dampak serius atas penyalahgunaan narkoba yaitu dampak untuk sosial masyarakat, dampak ekonomi dan dampak masa depan. Selama kurun waktu tahun 2104 Polres Banyumas  sudah menangkap 47 orang, 44 pengguna narkoba dan 3 Pengedar narkoba. Kasat Narkoba AKP Supariya, S.H juga menjelaskan pengguna paling banyak di Kabupaten Banyumas adalah yang mengonsumsi Sabu-sabu dan dari kalangan Swasta untuk mahasiswa ada 2 kasus. Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah masyarakat umum terutama mahasiswa menyadari akan bahaya memakai atau mengkonsumsi Narkotika. 

Maju Terus Pantang Menyerah!

 

Fakultas Biologi Resmi Melepas 58 Calon Wisudawan

[unsoed.ac.id, Rab, 17/12/14] Dekan Fakultas Biologi Dra. Hj. Yulia Sistina, M.Sc. Ph.D secara resmi melepas 58 calon wisudawan pada Senin, 15 Desember lalu. Tampak hadir dalam acara tersebut seluruh pimpinan, dosen, karyawan dan perwakilan UKM. Hadir pula orang tua/wali para calon wisudawan. Kegiatan ini menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan di kampus sebelum para lulusan akan wisuda pada hari ini.

“Pada hari ini, saya lepas 57 orang Sarjana Sains dan 1 orang Ahli Madya untuk mengikuti Wisuda Sarjana ke 115 dan Diploma Tiga ke 94 Universitas Jenderal Soedirman,” itulah cuplikan kata-kata Bu Dekan saat melepas calon wisudawan. Dalam sambutannya Bu Yulia mengatakan bahwa Fakultas Biologi telah berupaya untuk melakukan berbagai antisipasi menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)atau AEC (Asean Economics Community). “Pesaing kalian bukan hanya para lulusan perguruan tinggi domestik saja, melainkan juga lulusan semua perguruan tinggi di kawasan Asean,” kata Bu Yulia. Kurikulum yang terstruktur dan ketrampilan soft skill melatih mahasiswa untuk bisa berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam tim, kepemimpinan dan kewirausahaan. “ Itulah yang akan menjadi nilai tambah kalian sebagai lulusan Fakultas Biologi Unsoed, “tambah Bu Yulia.

Wakil Dekan Bidang Akademik Drs. Agus Hery Susanto,M.S selaku ketua panitia mengatakan bahwa hingga periode ini , Fakultas Biologi telah meluluskan 1.293 ahli madya dan program studi S1 meluluskan 4.510 sarjana. Peraih IPK tertinggi diperoleh Adi Supriyadi dengan IPK 3,69 dan sebanyak 30 mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen. “Terima kasih kepada Bapak/Ibu Dosen Kepala Proyek Penelitian dari berbagai sumber dana yang telah melibatkan mahasiswanya, “kata Pak Agus.

Kualitas dan kompetensi mahasiswa telah dibangun sejak pertama kali mahasiswa menginjak kampus biru ini. Shabrina Nurkandia, S.Si salah satu perwakilan alumni merasakan benar banyak ilmu yang di dapat selama berada di kampus biru ini. “Kemampuan akademik yang ditunjang softskill menjadi modal berharga kita,agar kelak di lingkungan yang baru kita bisa bertahan dan tentunya bisa lebih unggul dibanding yang lain”,katanya. Pemenang Olimpiade Soedirman juga turut memeriahkan acara pelepasan ini dengan tarian dan nyanyian yang sangat menghibur audience.

Maju Terus Pantang Menyerah! (APR)

 

 

 

Dekan Fakultas Kedokteran Sarasehan Bersama di Jurusan Kedokteran Gigi

[unsoed.ac.id, Rab, 17/12/14] Bertempat di Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman berlangsung Sarasehan Bersama Dekan Fakultas Kedokteran, Kamis (11/12).

Dr.drg. A. Haris Budi Widodo, M.Kes., AP., S.IP., menyampaikan terimakasih kepada semua jajaran pimpinan di Fakultas Kedokteran Unsoed, dan atas terselenggaranya acara sarasehan ini, sehingga hal yang dibutuhkan di Jurusan Kedokteran Gigi diharapkan dapat tercapai.

Dekan Fakultas Kedokteran dr.H.Fitranto Arjadi, Kes., dalam sambutannya menyampaikan semua partner kita bisa maju secara bersama-sama dengan semangat dan kerja keras akan terwujud sesuai yang dicita-citakan bersama visi misi Fakultas Kedokteran.

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran dr.VM.Wahyu Siswandari, Sp.PK, M.Si.Med. menyampaikan pesan yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, yudisium secara periodik setiap Jumat minggu ke 4 sehingga jadi tidak perlu menunggu banyak peserta yudisium. Wakil Dekan II dr. Yudhi Wibowo, M.P.H dan Wakil Dekan III dr. Diah Krisnansari, M.Si juga menyampaikan pesan sesuai masing-masing bidang.

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Kedokteran Endang Istanti, S.H., M.M., dan Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Purwoko, S.H., masing-masing dalam menyampaikan sambutan diawali dengan perkenalan karena termasuk jajaran pimpinan yang masih baru di Fakultas Kedokteran.

Maju terus pantang menyerah.(L135)

 

Halaman

Subscribe to Test RSS

Buletin

Jangan mau ketinggalan berita yang menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan kami.

Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto 53122.

EMAIL DAN SOSIAL MEDIA