Skip to main content

Arsip Nasional Republik Indonesia Sosialisasikan SIKD di UNSOED

[unsoed.ac.id, Sen, 18/03/13] Bertempat di gedung Rektorat Lt 1 UNSOED, Kamis (14/3) berlangsung sosialisasi tentang implementasi aplikasi informasi kearsipan dinamis. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh staf kearsipan UNSOED dibuka oleh Ka Biro Adm. Umum dan Keuangan Agus Nugroho, SH., M.M. dalam sambutannya menekankan tentang pentingnya arsip yang merupakan catatan-catatan seperti pendirian suatu instansi, surat-surat dan lain-lain.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini dari  ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia ) yang terdiri dari Drs Widiyanti (Kasubdit Restorasi Arsip), Drs. Karseno, M.Hum, (Arsiparis Madya), Irwanto Eko Saputro, S.Kom, M.Si, (Pranata Komputer muda) dan Novia Elia, SH (Staf Subdit Kearsipan Pusat II).

Dalam pemaparan Drs. Karseno, M.Hum dan Irwanto Eko Saputro, S.Kom, M.Si mensosialisasikan tentang implementasi aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis berbasis teknologi informasi dan komunikasi guna menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tentang pengelolaan arsip berbasis teknologi atau yang dikenal dengan nama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). SIKD merupakan aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis. Aplikasi ini  merupakan web based application bersifat multi user. Bahasa pemprograman yang dipergunakan dalam aplikasi ini  adalah PHP dan menggunakan data base MYSQL. Dalam pengelompokan penggunaan aplikasi SIKD meliputi Administrator pusat, Administrator satuan Organisasi, Administator Unit dan Pengguna Biasa. Maju Terus Pantang Menyerah!(Vin)