Skip to main content

Informasi Terkini SNMPTN 2013

[unsoed.ac.id, Jum,14/12/12] Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk Tahun 2013 cukup berbeda dengan tahun sebelumnya.  Apabila sebelumnya para pendaftar sekedar mengikuti tes seleksi, maka kali ini untuk tahun 2013 SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Tujuan dari penyelenggaraan SNMPTN 2013 adalah untuk memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi dan mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.

Dalam penyelenggaraan kali ini, biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran dan juga memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa kurang mampu dengan beasiswa bidikmisi.  Hal ini Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.  Hasil Ujian Nasional (UN) digunakan sebagai evaluasi akhir terhadap kelulusan untuk semua jalur seleksi.

Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.

1.  Pengisian PDSS

  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

 2.  Pendaftaran

  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. 
  • Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Untuk jadwal pelaksanaan SNMPTN 2013 adalah sebagai berikut :

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

1.       Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester.

2.       Pendaftaran  : 1 Februari – 8 Maret 2013

3.       Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013

4.       Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013

5.       Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013

Selanjutnya informasi selengkapnya dapat dibuka di http://snmptn.ac.id dan informasi press release dari panitia pelaksana dapat diunduh dengan cara klik disini.  Berkenaan dengan penyelenggaraan SNMPTN 2013, UNSOED membuka layanan informasi di Telp. 02817633991/02817633992 dan/atau e-mail di info@unsoed.ac.id