Skip to main content

Kiprah Farmasi FKIK UNSOED di Seminar Internasional Kedokteran & Ilmu-ilmu Kesehatan

Selama tiga hari di penghujung dan awal Desember 2011 kemarin, 12 staf pengajar dari Jurusan Farmasi UNSOED tampil memukau di Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran & Ilmu-ilmu Kesehatan UNSOED. Tercatat pula 3 orang mahasiswa ikut berpartisipasi dalam format presenter poster di seminar yang menghadirkan pembicara dari Indonesia, Thailand, Hongkong dan Australia. Rilis yang kami terima dari Jurusan Farmasi FKIK UNSOED, keduabelas orang tersebut adalah Tunggul Adi Purwonugroho, Anisyah Achmad, Indra Jati Kusuma, Hendri Wasito, Tuti Sri Suhesti, Vinis Vini Fera, Harwoko,  Heny Ekowati, Hanif Nasiatul Baroroh, Nia Kurnia Sholihat, Sherliyana Novita, dan Rahajeng Puput Aryani. Sedangkan Oky Ponda Nuswantoro, Khoirul Mustakim, dan Tyas Friska Dewi menjadi wakil dari kategori mahasiswa.

Mengutip dari http://farmasi.unsoed.ac.id, makalah yang dipresentasikan adalah  tentang tentang aktivitas mahasiswa farmasi di media sosial facebook (Tunggul Adi),  aktivitas losartan pada hewan uji dengan fibrosis hati (Anisyah Achmad), hubungan antara olahraga dan kadar gula darah pada pasien DM Tipe 2 (Indra Jati Kusuma), kadar total fenol campuran jahe merah dan cabe jawa (Hendri Wasito), Formulasi dan evaluasi tablet piroksikam (Tuti Sri Suhesti), kepuasan pasien pada kualitas informasi dan sistem di bagian farmasi (Vitis Vini Fera), kerasionalan terapi antivirus pada pasien HIV/AIDS pada RS di Jogjakarta (Harwoko),  identifikasi interaksi obat pada pasien gagal jantung kongestif di RSUD Tasikmalaya (Heny Ekowati), aktivitas pemotongan DNA supercoil dari fraksi protein daun jarak pagar (Hanif Nasiatul). Selain itu terdapat Nia Kurnia yang mempresentasikan poster mengenai persepsi pasien TBC dan keluarganya mengenai penyakit dan pengobatannya, Sherliyana tentang poster mengenai studi keamanan obat pada pasien di ruang bedah saraf  RSUD Margono Soekardjo dan Rahajeng Puput tentang toksisitas pemberian berulang injeksi Melaleuca alternifolia pada hewan tikus.

Sebagai informasi, pada tahun 2011 ini, Jurusan Farmasi genap berusia enam tahun dan sejak tahun 2007 berintegrasi dengan Fakultas Kedokteran & Ilmu-ilmu Kesehatan UNSOED, bersama-sama program studi S1 Kedokteran Umum, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi dan Ilmu Gizi dengan kekhasan pada farmasi klinik dan komunitas. Sejak tahun ini pula, Jurusan Farmasi UNSOED menyelenggarakan program PBL atau Praktek Belajar lapangan bagi mahasiswa tingkat akhir di instalasi Farmasi Rumah Sakit, Puskesmas, Apotek guna mengakselerasi kompetensi mereka di bidang kefarmasian.

Proficiat Farmasi UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah ! (Wis)