Test RSS

Menguasai Pariwisata Banyumas Melalui Monopoli Banyumasan

[unsoed.ac.id, Sel, 30/6/15] Kreatifitas akan menghasilkan metode pembelajaran yang berbeda dan memudahkan dalam memahami mkaupun menguasai sesuatu hal. Inilah yang dilakukan oleh tim Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset yang diketuai oleh Tundjung Linggarwati, S.IP,M.Si dalam memberikan pengalaman baru bagi siswa SMK Negeri 3 Purwokerto terutama Jurusan Pariwisata dan Perhotelan dalam mempelajari Pariwisata Banyumas.

Pengabdian masyarakat ini didasarkan pada hasil riset yang pernah dilakukan oleh tim yang menunjukkan rendahnya pengetahuan masyarakat Banyumas sendiri terhadap potensi pariwisata Banyumas sehingga hal ini menjadi hambatan tersendiri bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Banyumas. Terlebih lagi bagi para siswa yang mengambil keahlian pariwisata sudah seharusnya mampu menjadi agen-agen yang mampu mempopulerkan dan memperkenalkan sekaligus menawarkan paket wisata Banyumas.

Monopoli Banyumasan merupakan solusi yang dibuat oleh tim yang beranggotakan Sri Wijayanti,S.IP,M.Si dan Renny Miryanti,S.IP,M.Si ini mendasarkan pada pertimbangan bahwa metode permainan ini sangat memudahkan bagi para siswa dan sangat menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran ini juga dilakukan secara berkelompok dalam suasana yang menyenangkan sehingga tidak membebani siswa dengan berbagai tugas dan materi pembelajaran yang menyulitkan.

Keunggulan lain metode yang di launching pada 26 Mei 2015 adalah memberikan direktori dalam bentuk modul dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris) yang berisi segala hal yang berhubungan dengan pariwisata Banyumas mulai dari informasi tentang tujuan wisata (yg dikategorikan dalam berbagai jenis seperti edutourism,religious tourism,desa wisata dan cagar budaya, event penting, wisata alam dan buatan),transportasi,akomodasi, money changer dll.

Dalam proses pembelajaran ini juga dilakukan pendampingan dengan melibatkan para mahasiswa yang lebih dahulu mendapatkan pembekalan. Hal ini dilakukan agara interaksi dalam permainan monopoli menjadi efektif termasuk pembiasaan mendeskripsikan berbagai hal tentang pariwisata Banyumas dalam Bahasa Inggris. Kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan ini sekaligus mengisi kegiatan liburan siswa dan mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah dan dijalani dengan antusias oleh para siswa. Kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan paket wisata Banyumas bagi para siswa SMK Negeri 3 Purwokerto, dimana tim bekerjasama dengan biro perjalanan wisata dengan tujuan membekali siswa dengan kemampuan membuat paket wisata Banyumas untuk mendukung pengembangan pariwisata Banyumas.

Maju Terus Pantang Menyerah!(TjHI)

Fakultas Kedokteran Gelar Stadium General Gebyar Ramadhan

[unsoed.ac.id, Sel, 30/6/15] Bertempat di Aula lantai 3 Gedung C Fakultas Kedokteran Unsoed, Jumat (26/6) mulai pukul 14,00 WIB digelar Stadium General dalam rangka Gebyar Ramadhan dengan tema “Being Healthy and Awsome with Quran”. Diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsoed sebanyak 300 orang.

Stadium General gebyar Ramadhan dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsoed dr. Fitranto Arjadi, M.Kes, dalam sambutanya mengharapkan mahasiswa agar lebih aktif lagi dalam majelis ilmu dibulan Ramadhan ini, untuk menambah pengetahuan. Adapun sebagai pembicara hadir Dr. dr. Tauhid Nur Azhar, M.Si.Med yang merupakan Dosen Universitas Islam Bandung dan Ust Bhayu Subrata.

Dalam ceramahnya Dr. dr. Tauhid Nur Azhar, M.Si.Med menerangkan bulan Ramadhan adalah diturunkannya Alquran sebagai sumber ilmu, hubungan alquran dengan ilmu kedokteran sangat erat sekali.  Isinya  ada perintah iqro yaitu membaca, dengan membaca Alquran dapat memberikan efek untuk mengaktifkan dan menonaktifkan gen-gen tertentu, untuk mengenal Allah sebagai pencipta manusia.

Dalam ceramahnya Ust Bhayu Subrata one day one juz, ada dua kunci yaitu Azzam yang kuat( tekat, semangat) dan Lokasi (setelah solat). Setiap hari membaca satu juz setelah sholat.

Maju Terus Pantang Menyerah! (Rny&Dmwn )

 

Sosialisasi Masyarakat ASEAN melalui Ular Tangga Jadi Tema Pengabdian Masyarakat

[unsoed.ac.id, Sen, 29/6/15] Sebagai program studi yang selalu mengutamakan pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi, para staf pengajarnya tidak hanya aktif dalam pengajaran dan penelitian tapi juga dalam pengabdian kepada masyarakat. Kali ini Prodi Hi melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Peace Education for Students dan Ular Tangga Masyarakat ASEAN yang dilakukan di SMA Negeri 4 Purwokerto. Pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh staf pengajar Prodi HI ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah, mengingat pelaksanaannya dilakukan setelah siswa selesai menjalani Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

Peace education for students merupakan sebuah upaya untuk membangun karakter siswa dan anak-anak muda agar memiliki karakter yang baik dan paham akan nilai-nilai perdamaian, anti konflik dan mampu mengelola konflik dengan baik sehingga diharapkan siswa mampu menjadi pribadi yang lebih mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan selanjutnya dapat menjadi agen-agen perdamaian bagi masyarakat di sekitarnya. Hal ini didasarkan pada karakter anak-anak muda yang masih labil sehingga sangat rawan konflik. Metode yang disampaikan sangat sesuai dengan usia siswa yaitu dengan berbagai permainan yang bermuatan penanaman nilai-nilai perdamaian dan merangsang siswa untuk dapat membangun interaksi yang baik dengan sesama peserta dalam berbagai role play dalam kelompok.

Sementara itu di kelas lain dilakukan sosialisasi ASEAN Community dalam bentuk permainan ular tangga.  Permainan yang memuat pengetahuan tentang ASEAN Community ini merupakan sebuah upaya membuat siswa memahami, sadar dan peduli akan berlakunya Masyarakat ASEAN yang diharapkan pengetahuan yang didapat melalui permainan ular tangga ini dapat membuat siswa secara antusias menyiapkan diri meningkatkan kualitasnya untuk mempersiapkan dirinya dalam menghadapi ASEAN Community. Ular tangga yang diberinama Ular Tangga Masean ini untuk selanjutnya dapat dimainkan oleh siswa di waktu luang mereka.

Maju Terus Pantang Menyerah !

Amaliyah Ramadan Racana Soedirman di Desa Binaan, Tamansari Karanglewas

[unsoed.ac.id, Sen 29/6/15] Racana Soedirman Unsoed mengadakan kegiatan Amaliyah Ramadhan bertema “Peduli dan Berbagi, Menyucikan Hati” tepatnya di Masjid Al-Hajjar RW 05 desa Tamansari kecamatan Karanglewas, Sabtu (27/06). Rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadan dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan hari Jumat, 26 Juni 2015 meliputi bazar sembako murah, basar pakaian, diskusi anti NAPZA dan buka puasa bersama dengan warga desa Tamansari. Kegiatan hari Sabtu, 27 Juni 2015 adalah Lomba Anak Islami. Kegiatan Amaliyah Ramadan ini merupakan salah satu untaian kegiatan dari Program Bina Desa Racana Soedirman.

Kegiatan dimulai dengan penyerahan sembako secara simbolis oleh Ketua Dewan Racana Soedirman kepada Bapak Makhtub selaku Kepala Dusun III desa Tamansari pada upacara pembukaan. Antusiasme warga desa sudah terlihat sebelum kegiatan dimulai pada pukul 14.30 WIB, hal ini ditandai dengan banyaknya warga desa yang memenuhi area bazar. Bazar sembako murah dan bazar pakaian habis terjual dalam waktu kurang dari satu jam. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi anti NAPZA dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) bersama dengan pemuda organisasi IPNU/IPPNU ranting Tamansari, dengan pemateri Bapak Turiyandi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga. Diskusi tersebut membahas terkait pemberantasan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba sehingga para pemuda desa Tamansari mengetahui bahaya narkoba dan bagaimana memberantas narkoba, karena sebgaian besar yang menjadi sasaran utama narkoba adalah golongan pemuda. Diluar dari kegiatan tersebut, beberapa anggota Racana Soedirman mengajak anak-anak desa Tamansari untuk belajar dan bermain bersama sembari menunggu datangnya waktu buka puasa. Kegiatan hari Jumat ditutup dengan buka puasa bersama dilanjut shalat magrib, shalat isya dan tarawih bersama santri TPQ Masjid Al-Hajjar serta warga sekitar.

Pengarahan teknis lomba anak islami oleh giat reka kerja Racana Soedirman mengawali kegiatan pada hari kedua. Kegiatan tersebut terdiri dari empat mata lomba, yang meliputi lomba pemilihan dai cilik (Pildacil), lomba melukis kaligrafi, lomba mewarnai kaligrafi, dan lomba tilawatil qur’an. Lomba anak islami ini diikuti oleh tujuh TPQ dengan jumlah peserta sebanyak 50 anak. Perlombaan dilaksanakan di Masjid Al-Hajjar dan area sekitarnya mulai pukul 08.30 – 11.00 WIB. Antusias peserta lomba menambah hangat suasana perlombaan, dengan menunjukkan skill masing-masing.

Kak Kuat Priyanto selaku ketua Bina Desa Racana Soedirman mengatakan bahwa “Amaliyah Ramadan adalah salah satu kegiatan yang mengamalkan trisatya yang kedua yaitu menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, oleh karena itu kegiatan tersebut harus tetap ada dan dipersiapkan lebih baik lagi, dan saya ucapkan terimakasih kepada panitia kegiatan Amaliyah Ramadhan, pengurus dan anggota Racana Soedirman serta semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan Amaliyah Ramadan tahun 2015”.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Yudisium Fakultas Kedokteran

[unsoed.ac.id, Sen, 27/4/15] Bertempat di Gedung Dekanat Lantai 2 Fakultas Kedokteran Unsoed, berlangsung Acara Yudisium Strata Satu / Sarjana Kedokteran Periode Wisuda Sarjana Ke 117 Juni 2015, Jum’at, (24/4). Sebanyak 17 orang akan di Yudisium oleh Dekan fak. Kedokteran Unsoed dr. Fitranto Aryadi, M.Kes, terdiri dari 15 orang Sarjana Kedokteran Umum dan 2  orang Sarjana Kedokteran Gigi.

Predikat Kelulusan : Dengan Pujian 11 orang ( 9 orang S.Ked dan 2 org. S.KG ), Sangat Memuaskan 6 orang ( S.Ked). Jenis Kelamin : 4 orang laki laki dan 13 orang perempuan. Rata rata lama studi : 4 tahun 8 bulan, dan rata rata Indeks Prestasi Komulatif : 3, 66.

IPK tertinggi diraih oleh Fikrianisa Safrina, S.Ked dengan IPK 3.92. Fakultas Kedokteran telah meluluskan Sarjana Kedokteran hingga sekarang ini sebanyak 1.000 orang dan Sarjana Kedokteran Gigi sebanyak 91 orang. Untuk mencapai gelar dokter mereka harus kuliah lagi yaitu dengan mengambil pendidikan profesi selama 4 semester, UKDI ( 3 – 4 bulan ), internship ( 1 tahun ).

Maju Terus Pantang Menyerah!(Ei)

 

Pengajian Ramadhan : Amalan-Amalan Keutamaan di Bulan Ramadhan

[unsoed.ac.id, Sen 29/6/15] Dalam suasana Bulan Ramadhan 1436 H, Universitas Jenderal Soedriman/Unsoed kembali mengadakan pengajian rutin setiap Jum’at di bulan Ramadhan yang bertempat di Gedung Rektorat Lantai I, Jum’at (26/6). Pengajian diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala Biro dan Staf Kependidikan di lingkungan kantor pusat Unsoed. Tema yang diangkat pada pengajian kali ini adalah “Amalan-amalan Keutamaan di Bulan Ramadhan” yang disampaikan oleh Ulul Huda S.Pd,I.,M.Si.

Penceramah menyampaikan tentang level Taqwa kepada Alloh SWT yaitu orang-orang yang beriman kepada hal-hal yang Gaib seperti hari akhir, orang-orang yang mendirikan Sholat, dan menafkahkan sebagian rezeki. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang urgen untuk dilaksanakan. Lebih lanjut diulas juga mengenai 3 Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali yaitu Puasa ‘Aam, Puasa Khusus, dan Puasa Khususil Khusus.

Seusai penyampaian materi, dibuka juga sesi tanya jawab sehingga para peserta pengajian dapat mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh pemateri.

Maju Terus Pantang Menyerah!

Dosen FISIP Bersiap Ikuti Konferensi Internasional di National University of Singapore

[unsoed.ac.id, Jum, 26/6/15] FISIP UNSOED mengirimkan dua dutanya yaitu Dr. Tyas Retno Wulan, M.Si (Dosen Sosiologi, FISIP/ Kepala Pusat Penelitian Gender, Anak dan Pelayanan Masyarakat (PPGAPM Unsoed ) dan  Sri Wijayanti, S.IP, M.Si (Dosen Hubungan Internasional, FISIP/ Sekretaris Pusat Penelitian Gender, Anak dan Pelayanan Masyarakat (PPGAPM Unsoed ) dalam  the Gendered Dimensions of Migration: Material and Social Outcomes of South-South Migration tanggal 30 Juni - 2 Juli 2015 di National University of Singapore. Konferensi internasional ini diselenggarakan oleh  Migrating Out of Poverty (MOOP) Research Programme Consortium and Asia Research Institute (ARI). Konferensi ini akan mempresentasikan 16 paper yang diseleksi secara ketat oleh tim dari Global Studies, University of Sussex, United Kingdom  yang diketuai oleh Dr. Dorte Thorsen.

Konferensi ini terbagi dalam 4 tema yaitu Gender dynamics in labour markets, Labour and mobility regimes, Expectations and moralities surrounding remittances Images of gender dan  migration and development. Peserta dalam konferensi ini adalah University of Tromsø, Norway; Centre for Migration Studies, University of Ghana; School of Social Science, The University of Queensland, Australia; Centre for Social Science and Research, University of Cape Town, South Africa; Indian Institute of Technology, Madras, India; School of Women’s Studies, Jadavpur University, Kolkata, India; The Chinese University of Hong Kong; Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia; Centre for Trust, Peace and Social Relations, Coventry University, UK; Asia Research Institute, National University of Singapore; Social Geography and Environmental Politics, Keele University; University of Zimbabwe and Bangladesh; ACMS, South Africa; University of Dhaka and RMMRU, Bangladesh; Gender Justice and Diversity, BRAC, Bangladesh; University of Glasgow, UK; Mumbai Mobile Creches; University of Tokyo, Japan; ACMS, South Africa; International Labour Organisation; the International Organization for Migration (IOM) Asia and the Pacific Region; Global Alliance Against Trafficking in Women; Humanitarian Organization for Migration Economics (HOME); World Bank; Asia Development Bank dan FISIP, Universitas Jenderal Soedirman.

Bagi Dr. Tyas Retno Wulan, keikutsertaan pada konferensi internasional di NUS ini adalah yang kedua kali. Keikutsertaan yang pertama yaitu pada tahun lalu 2014. Sedangkan Sri Wijayanti, S.IP, M.Si adalah yang pertakali dalam konferensi internasional yang berskala global. Tim dari dari Unsoed akan presentasi pada hari ketiga dengan paper yang berjudul  berjudul From Zero to Hero : How Migrant Workers Change The World. Konferensi ini merupakan konferensi yang bergengsi karena pesertanya berasal dari berbagai negara dari kalangan akademisi dan juga professional dari organisasi internasional serta  pegiat migrasi dari LSM internasional. Selain untuk menambah pengetahuan dan jejaring serta melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, lolosnya duta dari FISIP Unsoed menambah deretan penghargaan yang dimiliki oleh institusi karena menjadi salah satu  dari dua presenter dari Indonesia dalam koneferensi ini.

Maju Terus Pantang Menyerah !

FK Gelar Pengajian Dalam Rangka Mengisi Bulan Ramadhan

[unsoed.ac.id, Kam, 25/6/15] Bertempat di Gedung Dekanat lantai 3 Fakultas Kedokteran Unsoed Rabu (24/6) pukul 09.30 WIB s/d 11.30 WIB digelar Pengajian Dalam Rangka Mengisi Bulan Ramadhan dengan tema “Puasa Membuat Badan Sehat Hati Tenang dan Sabar”. Penceramah oleh bapak KH.Prof.DR.Daelami, M.Ag.

Diawali oleh Rima Melati mahasiswi FK TA.2012 melantunkan Ayat Suci Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 1 – 7. Dilanjutkan Sambutan Wakil Dekan II  FK Unsoed dokter Yudhi Wibowo, MPH,  yang menyampaikan harapannya agar para karyawan, dosen, mahasiswa bisa berlatih menahan diri dan tidak mudah emosi sehingga tujuan bisa tercapai.

Acara Inti yang disampaikan oleh bapak KH.Prof.DR.Daelami,M.Ag., dalam uraian pengajiannya menyampaikan bahwa orang mumin yang sehat kuat pasti dalam pikiran dan hati bisa tenang dan sabar. Apabila puasa  kita bermakna maka akan memperoleh  jiwa sehat, hati tenang dan jiwa yang sabar. “Amal perbuatan manusia tidak akan sia-sia, pasti akan mendatangkan hikmah agar umat islam membersihkan diri, karena itu kita patut bersyukur kepada Allah SWT dan ada 2 nikmat Allah yang dilupakan oleh manusia adalah nikmat sehat dan nikmat kesempatan”, ungkapnya. Lebih lanjut diuraikan bahwa Ibadah dibulan Ramadhan itu tidak bisa diukur dengan materi dan bulan ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keistimewaan diantaranya:

1.      Satu-satunya nama bulan yang diabadikan dalam alquran

2.      Bulan Ramadhan adaan bulan diturunkan alquran

3.      Bulan Ramadhan adalah bulan kemenangan

4.      Umur para sahabat diberi umur panjang

5.      Dalam pelaksanaan puasa banyak diberi kemudahan apabila ada halangan

Maju Terus Pantang Menyerah1!!(L135)

 

 

Puncak Lustrum Pertama Prodi HI FISIP ditandai Buka Puasa Bersama

[unsoed.ac.id, Kam, 25/6/15] Bertempat di Aula Fisip Unsoed, Selasa 23 Juni 2015 Program Studi Hubungan Internasional Fisip melakukan perhelatan Buka Puasa Bersama sekaligus penutupan rangkaian kegiatan Ulang tahun HI ke-5. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fisip, Dosen, Karyawan serta Mahasiswa. Tidak kurang seratusan orang mengikuti acara ini hingga usai.

Ketua Program Studi HI FISIP Muhamad Yamin, M.Si menyatakan rasa syukur atas karunia Alloh SWT, diusia 5 tahun prodi HI telah mendapatkan akreditasi B, serta telah meluluskan 2 mahasiswi pada wisuda periode Juni 2015. Semakin membanggakan ketika kedua wisudawan tersebut memperoleh kelulusan dengan predikat Cumlaude (Dengan Pujian). Bapak Yamin juga mengucapkan terimakasih kepada Dekan dan jajarannya, yang telah membantu pencapaian prodi HI selama ini. Khusus lustrum HI memang terdiri dari berbagai kegiatan, seperti Seminar Nasional, Soedirman MUN, Sidang PBB, Festival Asia Tenggara dan pertandignan sepak bola. Kesemuanya telah dilaksanakan dengan sukses, tutur Pak Yamin.

Dr. Ali Rokhman, Dekan Fisip turut bangga atas prestasi Prodi HI FISIP. Kegiatan demi kegiatan mampu menarik minat civitas akademika Fisip. Prodi HI mampu menambah dinamisasi kehidupan kampus yang semakin semarak di Fisip Unsoed. Kesempatan ini Beliau berpesan bahwa Ramadhan juga harus difungsikan sebagai wahana introspeksi diri, pasti terdapat kekurangan dan kelemahan pada pencapaian usia 5 tahun ini. Pencapaian selama ini masih harus ditingkatkan pada masa yang akan datang. Beliau optimis, kinerja dan kreatifitas Dosen HI dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar. Peningkatan nilai akreditasipun bukanlah hal yang mustahil.

Acara dilanjutkan dengan Kultum menjelang Buka Puasa. Aneka minuman, es buah, pudding dan kurma menjadi menu santapan berbuka. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun. Dekan FISIP dan Kaprodi HI berkenan meniup lilin pada kue ulang tahun HI ke-5. Potongan pertama kue ulang tahun diserahkan Kaprodi HI kepada Dekan, sebagai wujud syukur keluarga besar Prodi HI FISIP atas kiprahnya selama usia 5 tahun.

Maju Terus Pantang Menyerah !

Dosen Unsoed Mewakili Indonesia di Selandia Baru

[unsoed.ac.id, Rab, 24/6/15] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah kembali membuktikan eksistensinya di ajang internasional dengan menjadi anggota delegasi Indonesia dalam Pertukaran Tenaga Ahli antara Indonesia dan Selandia Baru dalam kerangka Zona Perdagangan Bebas Asean, Australia, dan Selandia Baru pada hari Senin 15 Juni 2015 sampai dengan  Kamis 18 Juni 2015 di New Zealand Qualification Authority (NZQA) di kota Wellington, Selandia Baru.  Adalah Sugiyono, Ph.D dosen Fakultas Biologi Unsoed yang juga asesor BAN-PT menjadi delegasi Indonesia bersama Ridwan Roy Tupoho dan Dr. Megawati Santoso dari ITB.

Tujuan kegiatan delegasi Indonesia ke Selandia Baru ini adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas Indonesia dalam mengembangkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), berbagi pengalaman tentang praktik model dan implementasi kerangka kualifikasi dan proses penjaminan mutu.  “Kegiatan ini juga membantu Indonesia untuk mengembangkan KKNI yang sangat baik (robust) yang terkait erat dengan proses penjaminan mutu (QA),” ungkap Pak Gi, begitu ia biasa disapa.

Delegasi Indonesia juga diterima Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Jose Tavares pada tanggal 18 Juni 2015 di KBRI Selandia Baru di Wellington.  Pertukaran Tenaga Ahli antara Indonesia dan Selandia Baru tersebut mendapat dukungan dari Sekretariat ASEAN dalam kerangka  AANZFTA Economic Cooperation Work Programme (ECWP)(AANZFTA: ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement).  Maju Terus Pantang Menyerah !

Halaman

Subscribe to Test RSS

Buletin

Jangan mau ketinggalan berita yang menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan kami.

Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto 53122.

EMAIL DAN SOSIAL MEDIA