News

Mengejar PIMNAS 2011

Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset bekerja sama dengan pihak Universitas Jenderal Soedirman mengadakan sebuah kegiatan yang bernama MONEV. Monitoring dan Evaluasi atau yang bisa disingkat dengan MONEV merupakan sebuah sarana bagi mahasiswa UNSOED yang telah membuat Program Kreativitas Mahasiswa dan lolos seleksi tahap awal. Guna mempersiapkan mahasiswa ketingkat nasional, pihak Universitas  membantu dengan memantau perkembangan  setiap proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melalui MONEV ini. 

Monitoring dan  Evaluasi (MONEV) diadakan dari tanggal 29 April sampai tanggal 03 Mei 2011 yang di ikuti oleh 303 orang peserta. Peserta merupakan mahasiswa yang telah membuat PKM dari empat bidang yaitu penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, dan teknologi. Peserta yang telah hadir di MONEV terlebih dahulu mempersiapkan dan menunjukan kelengkapan berkas-berkas. Berkas yang diperlukan diantaranya adalah CD yang berisi hasil PKM yang siap untuk dipresentasikan, Laporan kemajuan kegiatan  PKM, Logbook yang memuat aktivitas dan indikator keberhasilan jangka pendek, foto-foto dokumentasi, buku catatan konsultasi pembimbing PKM. Selain itu, hasil kegiatan PKM juga bisa berupa produk seperti minuman dan makanan. Setelah seluruh persyaratan lengkap, peserta kemudian dapat mempresentasikan hasil PKMnya di depan tim Reviewer.  

 Pada MONEV ini terdapat empat orang tim Reviewer. Tim Reviewer itu diantaranya adalah Dr. Ali Rokhman, M.Si., Dr. Ir. Wilujeng Tri Sasiwi, M.P., Ir. Sukardi, M.S., Dr. Bambang Heru B., M.S. Tim Reviewer ini membimbing, memberikan arahan dan masukan  kepada mahasiswa mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM yang telah dibuat akan dibimbing sehingga menghasilkan PKM yang layak dan diharapkan dapat lolos pada MONEV Dikti, menuju tingkat nasional melalui Pimnas.

Antusiasme mahasiswa terhadap MONEV ini sangat tinggi. Terbukti sampai hari terakhir masih banyak mahasiswa yang datang. Menurut seorang mahasiswa yang mengikuti MONEV, mengatakan bahwa dengan adanya MONEV dari universitas  ini bisa sangat membantu untuk penyelesaian PKM yang baik sebelum menuju MONEV Dikti. Selain itu, melalui MONEV dapat pula mengetahui hasil-hasil PKM dari bidang lain yang berbeda fakultas sehingga dapat juga menambah teman dan pengalaman. Diadakannya MONEV ini memang bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi hasil PKM mahasiswa sehingga diharapkan PKM  mahasiswa UNSOED lolos bahkan menjadi juara di PIMNAS.

  Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) sangat antusias untuk  mendukung adanya kegiatan MONEV sehingga bekerjasama  dengan Universitas  dan ikut menyukseskan kegiatan ini. Selain itu Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset juga menjembatani antara pihak Universitas dan mahasiswa dalam bidang keilmuan sehingga kegiatan ini juga masuk dalam progam kerja dari Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset( UKMPR), yaitu guna meningkatkan budaya keilmiahan di kalangan civitas akademik.(UKMPR)

Bahasa Indonesia