News

Mahasiswa Farmasi UNSOED Meraih Prestasi LKTI Nasional

Mahasiswa Farmasi UNSOED lagi-lagi menorehkan prestasinya ditingkat nasional. Kali ini mereka mendapatkan juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI-Nas) dalam rangkaian acara Gebyar Farmasi yang diselenggarakan oleh Jurusan Farmasi UNSOED Jum’at (21/10/11). Mahasiswa tersebut adalah Firster Nugroho (2008), Ahmad Fiki Firdaus (2008) dan Ayu Fitriyanita (2009), dengan judul Karya Tulis “Formulasi Sediaan Pantyliner Minyak Atsiri Daun Kemangi untuk Menanggulangi Keputihan Wanita” Ditanya tentang ide yang mereka dapatkan untuk judul Karya Tulis ini, Firster mengatakan bahwa ide untuk judul ini bermula dari obrolan-obrolan kecil ketika sedang berada di Laboratorium Biologi Farmasi, dari obrolan tersebut muncul ide dari seorang dosen dan seorang teman yang menyebutkan mengenai bantalan pelindung untuk wanita. Dari sanalah kemudian tersirat sebuah kata pantyliner.

Mengenai lama pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini, mereka membuatnya dalam kurun waktu kurang dari seminggu. “Ya, kira-kira 5 hari lah proses pembuatannya, dan pada saat itu banyak sekali kendala yang kami lalui, mulai dari perdebatan masalah ide Karya Tulis, masalah bagaimana formulasinya, sampai jadwal diskusi  yang sulit karena bedanya jadwal kuliah dan praktikum kami. Tapi Alhamdulillah kami bisa mendapatkan juara II, rasanya senang, kaget, gak nyangka, padahal pada saat presentasi di depan juri kami deg-degan, nervous, yah semacam demam panggung begitulah.” tutur Ayu.

Mereka juga mengatakan bahwa terpilihnya mereka sebagai pemenang tidak bisa dipungkiri juga ada campurtangan berbagai pihak yaitu teman-teman yang mendukung juga pihak dosen terutama Pak Sarmoko dan Bu Heny selaku pembimbing penulisan KTI ini, sehingga karya tulis mereka dinilai baik oleh para juri. “Ke depannya kami ingin bisa ikut serta lagi di tingkat kompetisi yang lebih tinggi, untuk itu kami ingin terus belajar dan belajar, serta kami berharap gagasan ini bisa dikembangkan dan dilakukan penelitiannya sehingga pada akhirnya gagasan kami dapat menjadi suatu produk paten di bidang Farmasi.” kata Ahmad. Selamat untuk pemenang, semoga harapannya tercapai dan teruslah berusaha. (Purwokerto, 25/10/11)

Bahasa Indonesia

Kategori: