News

Kunjungan SMAN 3 Tanggerang Selatan - Banten ke UNSOED

Suasana kampus UNSOED Selasa 1 Nopember 2011 pukul 14.00 WIB begitu meriah meskipun diiringi hujan yang cukup lebat. Sebanyak 243 siswa SMA 3 Tangerang Selatan dan 20 Guru serta Kepala Sekolahnya dengan menggunakan seragam yang apik dengan bertulisan Goes To Campus datang Ke Universitas Jenderal Soedirman dalam rangka pengenalan Kampus UNSOED. Kehadiran mereka disambut oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Staf Ahli Rektor Bidang Kehumasan, Ketua SPMB, Kepala Bagian Pendidikan, Kepala Bagian Humas,  dan beberapa Kepala Sub Bagian di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Sujana, M.MPd Kepala Sekolah  SMA 3 Tangerang Selatan mengatakan kehadiran siswanya ke Universitas Jenderal Soedirman adalah merupakan pengenalan Kampus untuk mengetahui  informasi tentang fakultas, Program Studi, Fasilitas, Sarana dan Prasarana yang dimiliki.kehadiran ini sudah merupakan yang kedua kalinya dulu Tahun 2008.  UNSOED juga merupakan kampus Favorit pagi siswa SMA 3 selain kampus yang rapi, personalnnya ramah tamah juga tertib. Lebih lnjut dikatakan bahwa untuk menjadi siswa SMA 3 melalui penjaringan yang ketat yaitu selain akademik juga ada bahasa Inggris sehingga nanti jika diterima menjadi mahasiswa UNSOED dapat memuaskan stake holder.

Kemudian Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Khrisnoe Maya Wulandari, MM dalam sambutan selamat datang mengatakan  berterima kasih pada siswa SMA 3 Tangerang Selatan yang ingin mengetahui keadaan Kampus.  UNSOED menerima mahasiswa baru melalui 2  jalur yaitu jalur Undangan dan Jalur Tertulis baik melalui SNMPTN maupun Lokal. Dalam Peraruran Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 pasal 53 mengatakan bahawa setiap Perguruan Tinggi Negeri berkewajiban menerima mahasiswa melalui Seleksi Nasional 60% dari daya tampung, sedangkan 40% melalui Seleksi Lokal. Jalur Undangan adalah  penerimaan mahasiswa tanpa ujian tertulis, oleh sebab itu perlu peran aktif asal sekolah siswa yang bersangkutan. Infoermasi dapat diakses melalui internet yaitu Website nya Unsoed. UNSOED juga membrikan berbagai beasiswa antara lain Bidik Misi, Transmigrasi serta beasiswa dari Perbankan, Perusahaan Swasta Nasional dan berbagai pihak. Jadi semua warga negara dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi bagi orang yang kurang beruntung secara ekonominya namun pandai di bidang Akademiknya.

Salah satu siswa SMA 3 Tangerang Selatan Tiara  dalam acara tanya jawab menanyakan tentang cara memperoleh beasiswa bidik misi. Ketua SPMB Unsoed Ir. Satrio Widi Purbojo, Ph.D menjawab pertanyaan bahwa Beasiswa Bidik Misi adalah Program dari Kementerian Pendidikan Nasional ada beberapa persyaratan yang haru dipenuhi yaitu: Berasal dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi yaitu indeks penghasilan orang tua dibagi tanggungan maksimal Rp. 600.000,-, Prestasi akademiknya terbaik disekolah ranking 1 sampai 9 disekolahnya dan Peran aktif sekolah untuk mendaftarkan atau merekomendasikannya.

Selain menjawab pertanyaan dari siswa SMA 3 Tangerang yang lainnya Dr. Widi juga memeberikan informasi tentang kemudahan transpotasi, tempat kos yang murah, makanan yang murah serta fasilitas lain yang mudah dan murah di Purwokerto. Acara ditutup tepat pukul 16.00 WIB dengan saling memberikan cindera mata.(End)

 

Bahasa Indonesia

Kategori: