News

Komitmen Tingkatkan Kompetensi, Bagian Pengembangan Sistem Informasi UNSOED Gelar Pelatihan Database

[unsoed.ac.id, Kamis, 3/11/11] Bertempat di Gedung Rektorat Lantai III UNSOED, Bagian Pengembangan Sistem Informasi, Biro APSIH menyelenggarakan Pelatihan Database Bagi Tenaga Kependidikan.  Acara ini dilaksanakan selama satu setengah hari yaitu Rabu tanggal 2/11/2011 dan Kamis 4/11/11. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari pelatihan sebelumnya yaitu Pelatihan Pengolahan Data dan Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi.

Kepala Bagian Pengembangan Sistem Informasi, Drs. Sudjarwo, MM mengatakan bahwa pelatihan ini idealnya diikuti oleh orang-orang yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya.  Pelatihan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan yang selama ini belum mendapatkan porsi peningkatan kemampuan yang memadai.  Sudjarwo berharap setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat berkreasi sendiri membuat program/aplikasi sederhana yang dapat memudahkan pekerjaan mereka.  “Saya berharap di setiap unit ada programer database sehingga semua bisa tersistem. Ditambahkan pula, bahwa dalam pelatihan ini, selain mendapatkan sesuatu yang baru diharapkan para peserta nantinya juga mendapatkan kepercayaan (trust) dari pimpinan.  “Ada empat hal yang mendukung adanya kepercayaan yaitu kompetensi, integritas, loyalitas, keterbukaan, dan konsistensi” tegasnya.

 

  

Dalam pelatihan tersebut, diberikan materi dan praktik pelatihan database disampaikan oleh Sumiyanto, ST, MT, (PD II Fakultas Sains & Teknik UNSOED) dan Heri Purnomo, S.Kom, M.Kom (Ka Subbag Pengembangan SI). Adapun detailnya materi yang disampaikan dan dipraktikkan meliputi Pengantar Database, Penggunaan Microsoft Access dalam Penyusunan dan Pengelolaan Database meliputi pembuatan Tabel, Query, Form, dan Report (HP)

Bahasa Indonesia

Kategori: