News

LPPM UNSOED Gaet Pemerintah Kabupaten Banyumas, BPPT & Kementerian Riset dan Teknologi RI Gelar Technoprenuer Camp

Bertempat di Gedung Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat UNSOED, (3-5/11) LPPM UNSOED  bekerjasama dengan Pusat Inkubator Bisnis UNSOED, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi (BPPT) yang didukung Kementerian Riset dan Teknologi RI, menyelenggarakan Technopreneur Camp bagi para pengusaha pemula inovatif yang diikuti 105 orang peserta.

Technopreneur Camp merupakan pelatihan wirausaha yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan wirausaha inovatif baru berbasis teknologi (technopreneur) yang tangguh, berdaya saing dan mandiri di Kabupaten Banyumas. Prioritas wirausaha yang menjadi sasaran meliputi bidang industri kreatif (informasi, komunikasi, multimedia, animasi dan perfilman), manufaktur dan pengolahan pangan (pasca panen). Tidak hanya materi yang terkait langsung dengan keteknologiannya, cara memaparkan produk/jasa pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Menurut Nurul Hidayat, M.Kom.,  cara presentasi ide ternyata punya efek yang tidak kalah besarnya dibanding isi presentasinya. Bahkan seringkali materi yang sebenarnya sangat bagus namun dibawakan dengan cara presentasi yang biasa-biasa saja atau malah cenderung buruk bisa kehilangan kekuatannya.

Rencananya, akan diadakan seleksi peserta di mana diharapkan akan mendapatkan 10 terbaik dan mengikuti program inkubasi bisnis teknologi pada tahun 2012, selama 3-12 bulan, dengan bimbingan dan pendampingan dari BPPT Pusat. Bahkan tidak hanya itu, dua peserta terbaik akan diikutsertakan dalam kegiatan "Technopreneur Camp" Tingkat ASEAN pada tahun 2012 di Bali.

Sebagai informasi, salah satu mahasiswa UNSOED yang lolos Suadari Zulfa Karima Mahasiswa Fakultas Pertanian binaan program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) Pusat Inkubator Bisnis LPPM UNSOED yang lolos seleksi Technopreneur Camp dari BPPT-Kemenristek sekaligus presentasi dan pameran di Asean Summit di Bali Medio November mendatang. (PIB/NH/Wis)

Bahasa Indonesia

Kategori: