[unsoed.ac.id, Jum, 24/01/25] Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB Unsoed) sukses menyelenggarakan workshop kurikulum untuk Program Studi D3 Administrasi Perkantoran, Rabu (22/01/2025).
Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kelayakan kurikulum yang dimiliki oleh Program Studi D3 Administrasi Perkantoran, memastikan relevansinya dengan kebutuhan industri global, serta menyesuaikan capaian pembelajaran lulusan (CPL) dan proses pembelajaran berbasis proyek (PBL/project-based learning) agar sesuai dengan standar kurikulum internasional. Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Manajemen, Dr. Nur Choirul Afif.
Dalam pemaparannya, Koordinator Program Studi D3 Administrasi Perkantoran, Dr. Lusi Suwandari, menyampaikan gambaran umum kurikulum yang saat ini diterapkan. Lusi berharap melalui workshop ini, kurikulum D3 Administrasi Perkantoran dapat diperkaya dengan perspektif praktis dan manajerial yang lebih relevan dengan perkembangan dunia kerja.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan kurikulum Program Studi D3 Administrasi Perkantoran FEB Unsoed dapat terus ditingkatkan kualitasnya.
“Program Studi Administrasi Perkantoran diharapkan segera menerapkan kurikulum yang sesuai dengan standar internasional dan memenuhi kebutuhan mahasiswa, termasuk menyediakan sertifikasi internasional sebagai selling point ketika bersaing di pasar kerja global,” ujar Dr. Lusi Suwandari.
Baca juga : UNSOED Gencar Sosialisasikan SNBP dan SNBT 2025
Sebagai narasumber utama, Dr. Kamarull Bahar Ghazali, Vice Dean of Academic Affair, Office Management and Technology dari Management and Science University Malaysia, berbagi pengalaman mengenai penerapan kurikulum di perguruan tinggi Malaysia.
Menurutnya penting untuk melibatkan para ahli dari asosiasi profesional sebagai pengajar untuk memastikan relevansi materi dengan praktik industri. Selain itu, beliau juga menjelaskan beberapa mata kuliah inti yang menjadi fokus di program studi mereka, seperti Administrative Office procedure, Office business Project, Office System Design, dan Current Issues in Office Management Technology.
Sementara itu, Davi Zahra Apriko, Jr. Manager Business Analyst for Export Market di perusahaan Great Giant Foods, memberikan pandangan dari perspektif praktisi. Beliau menyoroti beberapa keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh lulusan D3 Administrasi Perkantoran di dunia kerja saat ini.
Menurut Davi Zahra Apriko, ‘Lulusan D3 Administrasi Perkantoran saat ini tidak hanya dituntut untuk menguasai keterampilan teknis, tetapi juga harus memiliki soft skills yang kuat. Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan bekerja dalam tim yang dinamis menjadi kunci sukses di dunia kerja.(TL)
#unsoed1963#merdekamajumendunia