Skip to main content
  • Bayu
    Bayu Ashila Nafis: Mengenal Ragam Budaya Nusantara lewat PMM

    Salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang termasuk bagian dari  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Bayu Ashila Nafis, salah satu mahasiswa berprestasi Universitas Jenderal Soedirman, adalah satu peserta program tersebut pada tahun 2022. Menekuni bidang ilmu Biologi di Fakultas Biologi Unsoed, mahasiswi yang kerap dipanggil Shila ini mengikuti program PMM di Universitas Mataram, Kota Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat karena mengaku telah jatuh cinta dengan keindahan Pulau tersebut.

  • Fadhila
    Fadhila Citra Permata: Memperkaya Ilmu dan Pengalaman lewat PMM

    Fadhila Citra Permata merupakan seorang mahasiswi Universitas Jenderal Soedriman yang sedang menjalankan studi di Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. Lahir di Bekasi pada Januari 2003, mahasiswi yang sering disapa Dhila ini sudah menempuh studi di Unsoed selama tujuh semester. Di semester lima, Dhila mengikuti salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, yaitu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

  • Reynaldi Eliazer Tumewu: Mengenal Budaya Berbeda lewat Program PMM

    Reynaldi Eliazer Tumewu, yang akrab dipanggil Reynal atau Rey, adalah seorang mahasiswa dari Universitas Nusa Cendana di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tengah menjalani program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Program Studi Administrasi Publik di FISIP Unsoed. PMM memberikan peluang bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk saling bertukar atau berkuliah di lingkungan perguruan tinggi lain yang kemudian akan dapat membantu mereka untuk memperdalam pemahaman akademik dan merasakan keberagaman budaya.

  • Tenri
    Tenri Rizki Azzahra: Meningkatkan Kemandirian melalui PMM

    Jarak sejauh 1.375,3 km telah ditempuh oleh Tenri Rizki Azzahra, mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat 2021 asal Universitas Hasanuddin (Unhas), untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ke Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Sesuai namanya program PMM ini merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

  • Wildan
    Wildan Jamaluddin: Belajar Toleransi lewat Program PMM

    Wildan Jamaluddin, atau kerap disapa Wildan, merupakan salah satu mahasiswa Unsoed berprestasi yang mengikuti program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Wildan berasal dari program studi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan angkatan 2020. MBKM adalah program unggulan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang dapat dikonversikan ke dalam SKS pembelajaran. Program MBKM yang diikuti oleh Wildan adalah program MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 pada Tahun 2022.