Skip to main content

Condro Wibowo Menjadi Dosen Tamu di Nong Lam University Ho Chi Minh City Vietnam

[unsoed.ac.id, Jum, 21/06/24] Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. yang merupakan dosen di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mendapatkan undangan untuk menjadi “Visiting Lecturer”di Advanced Program of Food Technology Faculty of Chemical Engineering and Food Technogy Nong Lam University di kota Ho Chi Minh City Vietnam. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20-31 Mei 2024.

Nong Lam University di Ho Chi Minh City merupakan salah satu universitas milik pemerintah Vietnam yang berfokus pada bidang pertanian dan kehutanan. Salah satu program andalan di NLU adalah adanya Advanced Education Program, yaitu program pembelajaran dengan standar kurikulum internasional dengan dosen dan mahasiswa yang berasal dari beberapa negara. Di Faculty of Chemical Engineering and Food Technogy terdapat program AEP tersebut dengan nama Advanced Program of Food Technology yang sudah mendapatkan sertifikasi dari AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance).

Condro Wibowo menjadi dosen tamu untuk mata kuliah Food Packaging dengan 2 SKS. “Jadi materi kuliah selama satu semester, disampaikan dalam waktu 2 minggu saja. Setiap dosen tamu bertanggung jawab dalam menyampaikan satu mata kuliah secara penuh dan juga memberikan nilai akhir, sehingga harus menyiapakan soal dan koreksi untuk Mid-term Exam, Final Exam serta komponen penilaian yang lain,” terangnya.

Selain melaksanakan tugas sebagai dosen tamu, Condro Wibowo juga melakukan kegiatan untuk inisiasi kerjasama yang lebih luas, antara lain menjadi panitia pelaksanaan kegiatan Joint Summer Course (IPB, UNSOED, Nong Lam University Vietnam, Maejo University Thailand, dan University Putera Malaysia). Juga berkesempatan untuk mengngikuti workshop tentang pemanfaatan rumput laut sebagai bahan baku biodegradable film, inisiasi joint research dan joint publication.

Selain itu, Condro Wibowo juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi bersama Rektor, Wakil Rektor, Direktur International Office serta beberapa Dekan untuk mengembangakan kerjasama akademik antara NLU dengan UNSOED.

Selain dari Indonesia, dosen tamu untuk program tersebut juga berasal dari UC Davis Amerika, Thailland, Malaysia, Australia, dan Jerman.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia