Skip to main content

Musrenbang LP3M UNSOED 2024: Momentum Perkuat Sinergi dan Kolaborasi

[unsoed.ac.id, Jum, 21/06/24] Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menjadi saksi semangat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan penjaminan mutu. Pada tanggal 19-20 Juni 2024, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsoed menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) tahun 2024.

Musrenbang LP3M Unsoed 2024 menjadi forum penting untuk mengevaluasi kinerja pusat-pusat koordinasi di LP3M Unsoed sepanjang tahun 2024, sekaligus menyusun standar dan instrumen pembelajaran serta penjaminan mutu untuk tahun 2025. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pusat Koordinasi dan staf administrasi di LP3M Unsoed.

Dr. Muhammad Yamin, S.IP., M.Si selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Musrenbang ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi konstruktif dan aplikatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan penjaminan mutu di Unsoed.

"Melalui Musrenbang ini, kami berharap dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam mewujudkan visi dan misi Unsoed sebagai perguruan tinggi yang Merdeka, Maju dan Mendunia," ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua LP3M Unsoed, Ir. Juni Sumarmono, Ph.D. IPU. ASEAN.Eng menegaskan pentingnya Musrenbang ini sebagai momentum untuk memperkuat kapasitas kelembagaan LP3M Unsoed. Beliau berharap agar LP3M dapat meningkatkan kompetensi SDM, memperkuat sistem dan infrastruktur, serta mengembangkan jejaring kemitraan strategis guna menjalankan fungsi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu secara optimal.

Rangkaian acara Musrenbang diawali dengan paparan kinerja dari masing-masing Pusat Koordinasi dan Sekretariat LP3M Unsoed. Setelah itu, dilakukan telaah mendalam terhadap hasil paparan untuk mengidentifikasi capaian, kendala, dan peluang pengembangan ke depan.

Di hari kedua, peserta Musrenbang memfinalisasi hasil pembahasan dan merumuskan rekomendasi serta rencana tindak lanjut. Beberapa poin penting yang mengemuka antara lain perlunya TOT untuk instruktur GKM dan GPM, pendampingan akreditasi nasional dan internasional, pengembangan sistem informasi MBKM, serta penguatan kolaborasi dengan mitra industri.

Menurut Sekretaris LP3M Unsoed, Dr. Wisnu Widjanarko. M.Si, tantangan dalam mewujudkan pembelajaran dan penjaminan mutu yang berkualitas di Unsoed memang tidak mudah. Namun ia optimis, dengan semangat kebersamaan, kolaborasi, dan inovasi dari seluruh pemangku kepentingan, Unsoed dapat merealisasikan pembelajaran dan penjaminan mutu yang unggul.

"Kami berharap Musrenbang LP3M Unsoed 2024 dapat menjadi titik tolak bagi Unsoed untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan berkontribusi dalam pembangunan nasional," pungkas Muhammad Yamin menutup wawancara.

Musrenbang LP3M Unsoed 2024 telah usai, namun semangat untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran di Unsoed tidak akan pernah padam. Dengan kesatuan langkah dan kerja sama solid dari seluruh civitas akademika, Unsoed optimis dapat mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi yang Merdeka, Maju dan Mendunia. (Merryafinola]*

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia