Skip to main content

UNSOED Mewisuda 1.247 Wisudawan Periode Juni 2024

[unsoed.ac.id, Sel, 11/06/24] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mewisuda sebanyak 1.247 wisudawan pada periode wisuda ke -153, Selasa (11/06/24). Wisuda yang bertajuk “Sidang Terbuka Senat Wisuda Doktor ke-24, Pascasarjana ke-85, Profesi ke-68, Sarjana Ke-153, Diploma Tiga ke-132 Universitas Jenderal Soedirman”, bertempat di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed.

Wisudawan terdiri dari 7 Doktor, 60 Magister, 184 orang dengan sebutan profesional, 776 sarjana, dan 220 Ahli Madya. Dari jumlah tersebut alhamdulillah 162 orang diantaranya dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude.

Adapun wisudawan Fakultas Pertanian sejumlah 102 wisudawan, Fakultas Biologi 29 wisudawan, Fakultas Ekonomi & Bisnis sejumlah 284 wisudawan, Fakultas Peternakan 65 wisudawan, Fakultas Hukum 133 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 103 wisudawan, Fakultas Kedokteran 88 wisudawan, Fakultas Teknik 85 wisudawan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan 201 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 86 wisudawan, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 39 wisudawan, Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan 28 wisudawan, dan Program Pascasarjana (Bioteknologi Pertanian, Ilmu Lingkungan, dan Agribisnis) 5 wisudawan.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.IPU.,ASEAN.,Eng menyampaikan bahwa keterbukaan diri dalam menyikapi perubahan yang ada, kiranya harus disertai dengan budi pekerti luhur. “Sehingga, intelektualitas dan profesionalitas yang dimiliki akan semakin kaya maknanya, ketika kita menjadi insan yang selalu mengedepankan akhlak, baik dalam ucapan maupun dalam perbuatan,” kata rektor.

Rektor menitipkan sejumlah pesan, yang kiranya dapat menambah bekal dalam mengarungi dinamika kehidupan setelah ini yaitu selalu menjadi pribadi yang berhitung dengan cermat dalam pengambilan keputusan. Kemudian berupaya mengedepankan adab dalam setiap tutur kata dan laku tindak dalam berinteraksi, baik dalam konteks sosial kemasyarakatan maupun dalam profesionalitas kerja. Selain itu, tidak pernah lelah mengasah kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki, agar selalu bisa beradaptasi dengan harapan dan kebutuhan yang diperlukan.

Selanjutnya, sambutan serta ucapan selamat dari alumni Unsoed, Firman Sujono, S. T. (Manajer Core transport Deployment Support Area Jawa Bali PT. Telkomsel) kepada para wisudawan.  Menurutnya sukses adalah kita menggapai apa yang kita cita-citakan. “Jadi, kesuksesan tiap orang bisa jadi berbeda,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Firman berpesan kepada para wisudawan agar merencanakan masa depan, bermimpilah setinggi langit, attitude is everything, mulai membangun networking, ciptakan keberuntungan, dan meminta ridho dan doa orang tua.

Sementara itu, perwakilan wisudawan Arsil Kultura Anzil dari Faultas Teknik, mengucapkan terima kasih kepad aseluruh dosen, staf pendidik, dan sivitas akdemika Unsoed yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan membimbing serta memberikan nasehat kepada kami yangs edang berjuang menjadi pribadi yang dapat dibanggakan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya program MBKM, program yang memberikan kesempatan bagi kami untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bekerja secara langsung,” ujarnya.

Saat ini Unsoed telah memiliki 118.638 alumni, yang insya Allah telah, sedang dan terus berkontribusi dalam karir dan kehidupan di berbagai sektor yang ada.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia