MBKM, Studi Independen Bersertifikat

Utiya Nurkhasanah (MBKM MSIB)

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk persiapan karier yang komprehensif dan belajar di luar program studi dengan jaminan konversi SKS yang diakui oleh perguruan tinggi. Utiya Nurkhasanah atau yang kerap disapa Tiya dari Jurusan Agribisnis 2020 Fakultas Pertanian, merupakan mahasiswa Unsoed yang telah mengikuti program ini, tepatnya sejak bulan Maret-Juni 2023. Tiya merupakan mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi dan giat akan akademiknya. Sebelumnya ia sudah melewati beberapa kali kegagalan dalam seleksi pendaftaran program MBKM. Hingga akhirnya, tekad dan usaha keras Tiya terbayar dengan lolos pada program MSIB di PT. Agritama Sinergi Inovasi (AGAVI).

AGAVI adalah perusahaan konsultan yang bergerak di berbagai sektor pangan, seperti industri, pengolahan, distribusi, dan konsumsi. Selama kurang lebih 4 bulan lamanya, Tiya menjalankan tugas sebagai mahasiswa magang pada mitra tersebut yang terletak di Denpasar, Bali. Disana ia diposisikan menjadi staff internship bidang sales & digital marketing. “Karena sekarang persaingan dunia kerja semakin susah dan kompetitif, jadi saya ikut magang ini untuk mencari pengalaman namun dengan jaminan nilai perkuliahan tetap aman” ucap Tiya tentang alasannya mengikuti program MSIB. Implementasi kegiatan yang ia lakukan disana cukup beragam, yaitu membina pemberdayaan kelompok ibu-ibu, bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali dalam pengelolaan sampah, melakukan sosialisasi pangan sehat dengan anak anak sekitar, mengadakan pelatihan literasi, membuat trik pemasaran produk melalui sosial media, dan masih banyak lagi. Meski dengan tantangan baru serta suasana culture yang berbeda, Tiya dapat beradaptasi dengan baik dan menjalankan tugasnya sesuai prosedur. Berkat mengikuti program MSIB Tiya merasakan dampak positif yang sangat membantu dalam perkembangan studinya.

Tiya berharap ilmu dan pengalaman yang ia dapatkan dapat diterapkan secara langsung dan berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Selain itu, ia juga berpesan kepada mahasiswa lain khususnya mahasiswa Unsoed untuk senantiasa pantang menyerah dalam berusaha serta mencoba untuk mengikuti program MSIB maupun ragam MBKM lainnya yang dinaungi oleh Kemendikbudristek. Karena hal ini merupakan kesempatan berharga yang mesti dirasakan oleh setiap mahasiswa sebelum menempuh dunia kerja. “Lebih takut merasa kecewa karena tidak mencoba daripada merasa kecewa karena gagal” pungkas Tiya sebagai motivasi untuk terus mengembangkan value pada diri sendiri.