MBKM, Riset

Rifa Ulima Najah

Rifa uli seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020. Menempuh 7 semester di Fisip Unsoed, Rifa memutuskan untuk mengambil program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Riset. Program ini bisa dikonversi setara dengan 20 sks. Kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama antara Fisip Unsoed dengan beberapa mitra. Dalam proyek ini, mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil data di instansi terkait yang diperlukan sebagai bahan penelitian tugas akhir mahasiswa. Salah satu mitra yang tersedia yaitu Dinkominfo, PDAM, BMKG, Rumah sakit di area Kab. Banyumas, serta hotel Java Herritage.

Rifa memilih Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas sebagai tempatnya melaksanakan kegiatan MBKM Riset. “Aku memilih instansinya  di Dinkominfo karena aku peminatannya Public Relattion (PR) dari awal, tuturnya. Bagi Mahasiswa Ilkom seperti Rifa, terdapat beberapa peminatan mata kuliah diantaranya Public Relattion, dan jurnalistik. Ria mengambil judul penelitian topik tentang implementasi Government Public Relation dalam mengurangi angka stunting di Kabupaten Banyumas.”Jadi kita melihat dari data stunting, kemudian Dinkominfo akan mengedukasi masyarakat menggunakan media seperti leaflet dan sebagainya untuk menurukan angka stunting”. Dalam hal ini, selain untuk kepentingan akademik, hasil dari penelitiannya juga akan digunakan juga oleh dinas terkait sebagai arsip.

Mengikuti program MBKM riset memberikan kontribusi positif untuk Rifa terutama dalam progres tugas akhir yang sedang ia kerjakan. “Jadi lebih terstruktur, bisa melawan rasa malas skripsian karena program ini kan ada timeline-nya, jadi ada target kapan harus seminar proposal, kapan harus seminar hasil. Biasanya yang ikut MBKM Riset ini juga lulusnya cepet” tutur Rifa. Dia mengaku bahwa banyak diberikan kemudahan atau previllege karena dirinya bisa memilih dosen pembimbing serta penelaah, selain itu pegawai di Dinkominfo
(tempatnya mengambil data penelitia) juga sangat help-full sehingga memudahkan Rifa untuk menyelesaikan tugas akhir yang sedang dia jalankan.