Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM, Profil Peneliti

Prof. Dr. Suliyanto, SE., MM

Prof. Dr. Suliyanto, SE.,MM dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan merupakan Guru Besar / Profesor ke-60 UNSOED.

Dalam kondisi lingkungan yang sangat dinamis, dimana intensitas persaingan yang semakin ketat, turbelensi pasar dan turbelensi teknologi yang sangat cepat, maka strategi pemasaran adaptif tradisional seperti relationship marketing sudah tidak cukup untuk diandalkan dalam memenangkan persaingan, sehingga perlu adanya strategi pemasaran adaptif yang lebih personal dan komprehensif, bukan sekedar menyesuaikan dengan pasar dan pesaingnya.

Menurut Prof. Suli, strategi pemasaran adaptif yang lebih personal dan komprehensif  ini disebut dengan Mimikri Marketing Strategy (MMS), yaitu cara untuk memenangkan persaingan dan merebut pasar  dengan menyesuaikan perilaku secara fisik maupun perilaku baik terhadap lingkungan mikro (konsumen, pesaing, pemasok, perantara) maupun terhadap lingkungan makro (intensitas persaingan, turbelensi pasar dan turbelensi teknologi). “pemasaran merupakan seni maka keberhasilan penenerapan Mimikri Marketing Strategy (MMS) sangat ditentukan kepribadian tenaga penjual”, jelas beliau.

Maju Terus Pantang Mundur, Tidak Kenal Menyerah!