Pengelolaan wilayah kelautan, pesisir, dan pedalaman, Profil Peneliti

Prof. Ir. Purnama Sukardi, Ph.D

Prof. Ir. Purnama Sukardi, Ph.D merupakan Guru Besar Universitas Jenderal Soedirman dari Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan . Lahir di  Temanggung , 10 Oktober 1956, beliau menyelesaikan pendidikan sarjana dari Universitas Diponegoro, Semarang  dan melanjutkan program magister dan doktoral-nya dari University of New South Wales, Sidney, Australia.

Dengan Fokus Riset di bidang Nutritional Physiology, riset  terbaru Prof. Ir. Purnama Sukardi, Ph.D berjudul : “Maggot-based Mikrokapsul Dengan Matrik berbeda Untuk Produksi Larva Species Indigenous, Osteochillus hasseltii C.V”  tentang Mikroenkapsulasi sebagai  teknologi pembuatan pakan berukuran mikro yang disesuikan dengan ukuran bukaan mulut larva ikan.

Bahan dasar utama yang digunakan adalah maggot dari lalat black soldier fly (Hermetia illucens) sebagai inti kapsul dan albumin sebagai matrik (pembungkusnya). Spesies indigeneous yang digunakan sebagai ikan uji adalah ikan nilem, Osteochillus hasseltii C.V., yang mempunyai penyebaran terbatas (endemik).