Pengabdian, Program Pendukung Smart Village

Dr. Dyah Tjaturrini, M.Si.

Dr. Dyah Tjaturrini, M.Si. adalah dosen Bahasa Mandarin pada Program Studi D3 Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed yang memiliki fokus pengabdian pada tema-tema yang terkait dengan bahasa, budaya, dan pariwisata. Melalui kegiatan pengabdian, beliau berupaya menghasilkan luaran yang bermanfaat besar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan selalu mengikuti perkembangan terkini tentang budaya dan pariwisata yang berkearifan lokal, dia dan anggota tim pengabdian mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat dan solusi yang dibutuhkan.

Pada tahun 2024, Dr. Dyah memperoleh pendanaan pengabdian dari BLU Unsoed dalam skim Pendukung Smart Village. Dia dan timnya mengajukan proposal berjudul “Smart Village Panembangan: Digital Media Experience sebagai Media Promosi”. Tujuan pengabdian ini adalah mempromosikan Desa Panembangan ke tingkat internasional melalui digitalisasi media promosi berbahasa Mandarin dan Inggris. Pendampingan ini menghasilkan video promosi dalam bahasa Mandarin yang diharapkan meningkatkan rekognisi Desa Panembangan ke tingkat internasional dan meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat.

Bagi Unsoed, kegiatan pengabdian ini berkontribusi dalam mewujudkan visi menjadi world class civic university yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni terkait pengembangan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal. Bagi masyarakat Desa Panembangan, kegiatan ini meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill dalam merencanakan serta mengeksekusi program pembangunan, khususnya yang berkiatan dengan promosi digital.