Berita, Prestasi

UKM Soedirman Robotic Team Lolos Seleksi Wilayah, Siap Mengudara Di KRTI Nasional 2024

[unsoed.ac.id, Rab, 21/08/24] Unit Kegiatan Mahasiswa Soedirman Robotic Team (UKM SRT), kembali meraih prestasi dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024. Kontes Robot Terbang Indonesia merupakan kompetisi pesawat tanpa awak (UAV) paling bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang diperuntukkan bagi seluruh universitas di Indonesia.

Pada tahun ini, Soedirman Robotic Team mengikutsertakan dua tim dari divisi KRTI, yaitu Tim Biantara Fixed Wing (FW) dan Tim Biantara Racing Plane (RP). Kedua tim tersebut berhasil menjalankan misinya dengan baik pada Seleksi Wilayah yang dilaksanakan secara daring pada 12-17 Agustus 2024, di Runway SAC (Soedirman Aeromodeling Club).

Keberhasilannya menjadikan kedua Tim akan melanjutkan perjuangannya pada tahap seleksi Nasional. Sesuai dengan jadwal yang dilansir, Kontes Robot Terbang Indonesia tingkat Nasional pada tahun ini akan dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada 12-19 September 2024.

Tim Biantara Fixed Wing (FW) merupakan divisi KRTI di UKM Soedirman Robotic Team yang baru terbentuk pada tahun 2024 ini. Ketua Tim Biantara FW, Fillipus Aditya menyatakan rasa bangganya, atas prestasi yang diraih sehingga lolos ke tingkat nasional.

 “Sebagai tim yang baru dibentuk pada tahun ini, kami merasa bangga telah berhasil melewati berbagai tantangan hingga akhirnya lolos ke tahap nasional. Keberhasilan ini merupakan cerminan dari kerja keras semua pihak yang terlibat, semangat pantang menyerah dan kebersamaan menjadi kunci utama kesuksesan kami hingga ke tahap nasional. Pencapaian ini adalah awal dari perjalanan kami. Masih banyak tantangan yang harus kami hadapi untuk membanggakan Almamater, UKM, dan Tim. Kami siap melangkah lebih jauh dengan tekad dan komitmen,” ujar Fillipus.

Sementara itu, ketua Tim Biantara Racing Plane, Yeremia Bagas juga turut mengungkapkan rasa senang dan bangga atas lolosnya kedua Tim Biantara.

“Saya merasa sangat senang dan bangga atas lolosnya kedua tim, akhirnya tahun ini kedua tim Biantara akan berjuang bersama pada KRTI Nasional di Yogyakarta. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras yang luar biasa dari awal persiapan hingga pelaksanaan seleksi KRTI wilayah kemarin,”  tuturnya.

Selain itu, Bintang Satria selaku ketua SRT 2024 juga turut mengapresiasi pencapaian Tim Biantara. “Selamat kepada Tim Biantara atas pencapaiannya, saya sangat mengapresiasi prestasi dan perjuangan teman-teman semua. Saya juga berharap dukungan dari berbagai pihak khususnya pihak universitas agar selalu mendukung kegiatan kami dalam pengembangan riset robotika di ruang lingkup universitas, regional, nasional hingga internasional,” harap Bintang.

Menurutnya, kesuksesan seleksi wilayah tidak terlepas dari banyaknya pihak yang terlibat, salah satunya yaitu Pangkalan TNI Angkatan Udara Jenderal Besar Soedirman yang telah memberikan izin adanya operasi penerbangan pesawat dalam perlombaan KRTI tingkat wilayah Tim Biantara. Pencapaian yang diraih ini merupakan langkah awal dari perjalanan dari Tim Biantara FW dan Tim Biantara RP untuk prestasi gemilang lainnya.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia