Akademik, Berita

Wisuda ke- 154 UNSOED, Luluskan 2.208 Wisudawan

[unsoed.ac.id, Rab, 18/09/24] Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mewisuda sebanyak 2.208 wisudawan pada periode wisuda ke -154. Wisuda yang bertajuk “Sidang Terbuka Senat Wisuda Doktor ke-25, Pascasarjana ke-86, Profesi ke-69, Sarjana Ke-154, Diploma Tiga ke-133 Universitas Jenderal Soedirman”, bertempat di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed.

Wisuda berlangsung selama 2 (dua) hari. Selasa (17/9/2024) diawali wisudawan dari Program Pascasarjana, Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Kedokteran.

Sedangkan pada Rabu (18/9/2024) wisudawan dari Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan.

Adapun 2.208 wisudawan, yang terdiri dari 13 doktor, 211 magister, 115 dengan sebutan profesional, 1.632 sarjana, dan 237 ahli madya.  Alhamdulillah, dari yang tersebut tadi, 1.091 lulusan atau 49,41% dinyatakan lulus dengan pujian atau cumlaude.  

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.,ASEAN Eng mengatakan pelaksanaan wisuda di bulan September akan selalu istimewa. “Biasanya karena dua hal, pertama, karena secara jumlah biasanya akan selalu yang paling banyak dan kedua, karena bertepatan dengan dies natalis almamater kita yang tercinta. Namun untuk kali ini, menjadi lebih spesial, karena terhitung 3 September kemarin, alhamdulillah, status akreditasi Unsoed telah ditetapkan menjadi Unggul,” ungkap rektor.

Akreditasi Unggul ini menunjukkan, bahwa Unsoed telah dipercaya dan diakui sebagai perguruan tinggi terkemuka dalam melahirkan lulusan yang mumpuni dan berdayasaing.  

“Status Unggul ini adalah wujud reputasi kita, dan ini merupakan buah dari proses kita bersama, khususnya dalam memuliakan almamater ini.  Tentunya ini,  harus selalu kita jaga dan pertahankan.  Mulai dari proses penjaminan mutu internal yang berkelanjutan, hingga dalam kiprah alumni yang terus berprestasi dan menghadirkan kebaikan di mana pun berada,” jelas rektor.

Pada kesempatan tersebut rektor berpesan kepada para wisudawan, agar selalu memperkuat literasi data, teknologi, dan komunikasi, memperluas wawasan global dengan berpijak pada kearifan lokal, dan memperkokoh konsep diri yang positif dan sehat.

Mila Kartika perwakilan wisudawan dari Fakultas Ilmu-Ilmu kesehatan (FIKes), mengatakan bahwa hari ini merupakan awal dari perjuangan lain yang telah menanti didepan sana. “Gelar yang dicapai hari ini merupakan langkah awal dan modal dasar untuk berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu Dyah Pramesti Padmaningtyas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengatakan apa yang dicapai saat ini tak terlepas dari bimbingan para dosen dan staff akademik. “Tak lupa, kepada Unsoed yang telah memberikan wadah untuk mengasah kemampuan serta menambah kemampuan melalui program magang baik mandiri maupun MBKM sehingga kami dapat mengembangkan potensi serta pengalaman dalam pekerjaan di bidang yang sesuai dengan jurusan yang ditempuh,” ujar Dyah.

Mewakil pengurus keluarga alumni Unsoed Dr. Tri Wuryaningsih, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, dan juga selamat bergabung di keluarga besar alumni Unsoed. Disampaikan bahwa para wisudawan akan memasuki kembali dunia pengabdian masyarakat, dan dunia kerja yang penuh tantangan yang semakin kompleks sehingga dibutuhkan penyikapan dan juga kesiapan. Dr. Tri Wuryaningsih menyampaikan beberapa hal agar siap dalam berkompetisi.

“7 hal untuk bisa berkompetisi yaitu memiliki kompetensi yang baik pada bidang studi dan lingkup ilmu pengetahuan & teknologi yang telah ditekuni selama ini; mempunyai kemampuan analisis, kreatif, inovatif dan kemampuan untuk problem solving; menguasai dan terampil menggunakan teknologi digital; memiliki softskill; memiliki integritas, kepribadian yang kuat jujur, amanah dan bertanggungjawab; memiliki kemampuan Bahasa internasional; dan berakhlaq yang baik,” jelas Dr. Tri Wuryaningsih.

Sampai saat ini, Unsoed telah memiliki 120.846 alumni yang hadir dan mewarnai berbagai sektor kehidupan masyarakat.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia