Berita, Prestasi

Soedirman Robotic Team Ikuti Kontes Robot Terbang Indonesia Tingkat Nasional

[unsoed.ac.id, Sel, 24/09/24] Unit Kegiatan Mahasiswa Soedirman Robotic Team mengikutsertakan dua tim dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat nasional 2024. Kedua tim tersebut yaitu Tim Biantara RP dari divisi KRTI Racing Plane, dan Tim Biantara FW dari divisi KRTI Fixed Wing.

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) merupakan kompetisi pesawat tanpa awak (UAV) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). KRTI nasional pada tahun ini dilaksanakan di Fakultas Vokasi UNY Kampus Gunungkidul dan Lapangan Udara Gading Yogyakarta, pada 12-19 September 2024.

Partisipasi tim Biantara RP dan tim Biantara FW dalam kompetisi ini diawali dengan persiapan yang matang. Pada masa persiapan sebelum dilaksanakannya seleksi KRTI, tim mengirimkan delegasi untuk melakukan sertifikasi pilot, delegasi tersebut yaitu Adyuta N. Rakha dari tim Biantara RP dan Nur Tsani A.W. Muzaki dari Tim Biantara FW. Selain itu, kedua tim juga melakukan penelitian dan pengembangan robot terbang mereka dengan tujuan untuk mencapai performa terbaik, hingga akhirnya membawa kedua tim lolos dan meraih predikat Finalis Nasional. 

Lolosnya kedua tim merupakan suatu pencapaian yang baik, mengingat divisi KRTI merupakan divisi baru yang dimiliki oleh UKM SRT. Tahun ini merupakan pengalaman kedua dari tim Biantara RP dan pengalaman pertama dari tim Biantara FW dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). Suatu hal yang membanggakan, dengan usia tim yang masih terbilang sangat muda ini mampu bersaing dengan tim-tim lain yang sudah lebih berpengalaman, hingga ke seleksi nasional.

Ketua tim Biantara RP dan Biantara FW, Yeremia dan Filipus menyampaikan apresiasi kepada semua tim atas kerja kerasnya, serta permohonan maaf karena pada KRTI Nasional ini kedua tim belum bisa sampai ke tahap podium.

“Terima kasih atas usaha dan kerja keras yang sudah maksimal, jadikan ini sebagai motivasi untuk terus berkembang pada kompetisi-kompetisi selanjutnya. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Lapangan Udara Jenderal Soedirman yang sudah banyak berkonstribusi khususnya pada seleksi wilayah. Serta kami sampaikan terima kasih juga kepada dosen pembimbing tim Biantara, teman-teman tim yang luar biasa, serta pihak Universitas dan pihak-pihak lain yang turut mendukung kami dalam mengikuti KRTI 2024 ini,” kata Yeremia.

“KRTI merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pencapaian kedua tim hingga ke tahap nasional pada KRTI ini juga menjadi ajang untuk bertemu dan berinteraksi dengan tim-tim lain yang berpengalaman dalam bidang serupa. Kedua Tim Biantara Unsoed dapat belajar banyak dan saling berbagi pengalaman serta pengetahuan selama kompetisi. Hal ini akan menjadi modal berharga bagi perkembangan tim,” tambah Filipus.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia