Akademik, Berita

Sumpah Dokter Gigi Periode ke–37: Profesi Dokter Gigi Harus Mampu Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Informasi

[unsoed.ac.id, Rab, 02/10/24] Regulasi tentang profesi kedokteran memiliki perubahan yang mendasar saat ini, yang ada di transformasi kesehatan. Profesi tenaga medis dan tenaga kesehatan betul-betul untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi terkait keprofesian. Mulai dari registrasi tenaga medis dan tenaga kesehatan, perijinan praktik, satuan kredit profesi turut mengalami perubahan. Profesi kedokteran gigi harus mampu mengikuti perkembangan serta menjadi pelopor untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai etika profesi dokter gigi.

Demikian disampaikan oleh Ketua PDGI Cabang Banyumas drg. Rahadian Indra Jati, pada saat pengambilan sumpah dokter gigi periode XXXVII, Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed yang bertempat di Aula Lantai 3 Dekanat FK Unsoed, Rabu (02/10/2024).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, PDGI Kabupaten Banyumas, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Dekan dan Wakil Dekan FK Unsoed, Direktur RSGM Unsoed, Ketua Jurusan Kedokteran Gigi, Dosen, orang tua dokter gigi yang diambil sumpah, mahasiswa dan tamu undangan.

Kegiatan dipimpin oleh ketua Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed, Dr. drg. A. Haris Budi Widodo M.Kes, A.P., S.E.

Perwakilan dokter gigi yang diambil sumpah drg. Hanifah Tantri Nastiti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga, teman-teman semua, dan tentu saja kepada seluruh dosen dan staf universitas yang telah memberikan dukungan dan bimbingan yang tak ternilai selama perkuliahan.

“Kami memohon restu kepada bapak ibu dosen dan orang tua kami agar selanjutnya dapat menjadi dokter gigi yang amanah dan bertanggungjawab, dan memegang teguh sumpah kami dan sukses disetiap pilihan yang kami ambil kedepannya,” kata drg Hanifah.

Wakil Rektor Bidang Akademik / WR I Dr.Ir. Noor Farid M.Si dalam sambutannya mengatakan keberadaan dan peranan tenaga kesehatan yang profesional di bidangnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula dengan kehadiran dokter gigi, di mana pengetahuan, keterampilan dan mutu pelayanannya, menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat.

“Semoga dokter gigi baru dapat memberikan layanan yang terbaik, dan berharap untuk selalu meningkatkan kualitas,” harap WR I.

Pada kesempatan tersebut, ketua Jurusan Kedokteran Gigi FK Unsoed menyerahkan secara simbolis dokter gigi baru kepada Ketua PDGI Cabang Banyumas.

 

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia