Berita, Prestasi

Mahasiswa UNSOED Raih Juara 1 KRENOVA Kabupaten Banyumas

Mahasiswa UNSOED Raih Juara 1 KRENOVA Kabupaten Banyumas

[unsoed.ac.id, Sen, 07/10/24] Tim mahasiswa Unsoed yang terdiri Dianrina Fatiha Khairani (Farmasi 2022), Salsabila Zahra Ashari (Farmasi 2022), Rintan Rahmawati (Farmasi 2022), Novita Khusna Azizah (Teknologi Pangan 2022), dan Marlina Kurniawati (Agribisnis 2021) berhasil menjadi yang terbaik di ajang KRENOVA (Kreativitas dan Inovasi), Senin (30/9/2024).

Pada ajang yang diselenggarakan oleh Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, tim membawakan judul inovasi “Medbran-Pro: Inovasi Powder Serum Shampoo 2in1 dari Ekstrak Buah Parijoto dan Minyak Bekatul sebagai Upaya Mencegah Alopecia”.

Dianrina mengatakan, Medbran-Pro merupakan inovasi powder shampoo serum 2in1 dari ekstrak buah parijoto dan minyak bekatul yang berfungsi untuk mencegah alopecia. “Medbran-Pro memiliki keunggulan karena mengandung serum,  lebih tahan lama karena berbentuk bubuk, mudah dibawa kemana mana, dan tidak mudah tumpah,” jelasnya.

Sementara itu, Indah Setiawati SP.,MP selaku dosen pendamping mengatakan pada ajang yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi masyarakat Banyumas untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif ini, tim mahasiswa mengikuti lomba ini sejak bulan Juli 2024.

“Mahasiswa mengikuti kurasi administratif dengan dikunjungi oleh tim KRENOVA dan seleksi substatif dengan presentasi di depan juri KRENOVA. Prestasi yang membanggakan ini berkat kerja keras mahasiswa karena selain telah membuat produk, juga telah melakukan demo yang diselenggarakan di bazar inovasi Bappeda, darmawanita Unsoed dan juga di salon sekitar kampus. Upaya ini membuahkan feedback positif secara langsung dari pengguna produk inovasi tersebut,” kata Indah.

“Kejuaraan KRENOVA ini akan berlanjut ke tingkat provinsi pada Juni 2025 mendatang sehingga mahasiswa akan berupaya untuk melanjutkan inovasi ini menjadi produk hilirisasi yang bisa sukses di pasar,” tambah Indah.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumedunia