Berita, Kerjasama

Kolaborasi Internasional Dalam Pengelolaan Sampah Plastik dan Edukasi Mikroplastik di SDN 2 Ujung Alang, Kampung Laut, Cilacap

Kolaborasi Internasional Dalam Pengelolaan Sampah Plastik dan Edukasi Mikroplastik

[unsoed.ac.id, Rab, 09/10/24] Dalam rangka mendukung pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (LPPM Unsoed), Indonesia, bekerja sama dengan The First Institute of Oceanography (FIO), Ministry of Natural Resources, China, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, Jum’at (27/09/2024]. Kegiatan bertajuk “Pengelolaan Sampah Plastik dan Edukasi Mikroplastik” di SDN 2 Ujung Alang, Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah.

Acara yang dihadiri oleh dewan guru dan 54 siswa kelas 4 dan 5 ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan tentang praktik penanganan dan pembuangan sampah plastik serta dampaknya terhadap lingkungan, khususnya di kalangan anak-anak sekolah dasar. Kegiatan ini juga mendorong sekolah-sekolah di wilayah pesisir agar dapat berperan dalam mengimplementasikan sistem pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan mendukung mereka dalam menjadi fasilitas pendidikan yang hijau dan berkelanjutan.

Prof. Chengjun Sun, Kepala Pusat Penelitian Sumberdaya Hayati dan Lingkungan Kelautan dari FIO, hadir sebagai narasumber utama, memberikan wawasan mengenai pentingnya mitigasi sampah plastik, khususnya mikroplastik, yang menjadi ancaman bagi ekosistem laut dunia. Dari pihak UNSOED, Dr. Rer.nat. Riyanti, M.Biotech dan Anung Riapanitra, S.Si., M.Sc, Ph.D, turut memfasilitasi transfer materi mengenai pengelolaan sampah di lingkungan darat dan laut.

Selain itu, Dr. Nuning Vita Hidayati, S.Pi., M.Si. yang merupakan Ketua Yayasan Alfaedy Institute, sebuah yayasan yang concern terhadap issue-issue lingkungan juga berperan dalam memberikan pendampingan terkait implementasi sistem pengelolaan sampah berkelanjutan.

Baca juga : LPPM UNSOED dan FIO MNR China Gelar Kegiatan Community Service Mangrove Conservation di Cilacap

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua LPPM UNSOED, Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P., ASEAN Eng., yang menekankan pentingnya kolaborasi internasional untuk mengatasi masalah lingkungan. Sambutan dari The First Institute of Oceanography disampaikan oleh Prof. Zexun Wei, yang mengapresiasi kerjasama ini dan berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak nyata bagi lingkungan dan generasi muda.

Kepala sekolah SDN 2 Ujung Alang, Subarno, menyatakan rasa terima kasihnya atas perhatian dan upaya yang dilakukan oleh para akademisi dalam memberikan edukasi terkait lingkungan kepada para siswa. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal menuju pengelolaan sampah yang lebih baik di Kampung Laut.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sejak dini, serta menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan bersih di masa depan.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia