Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM, Profil Peneliti

Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M. Sc., Ph. D.

Kepakaran Manajemen dan Kewirausahaan untuk Mendukung UMKM

Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M. Sc., Ph. D. lahir di Sumbawa pada Desember 1970. Beliau menamatkan S1 Prodi Akuntansi di University of South Australia (1994), S2 Prodi Manajemen di University of Lincolnshire and Humberside, U. K. (1998), dan S3 Prodi Manajemen di Universiti Utara Malaysia (2012). Setelah menjadi dosen di Universitas Jenderal Soedirman sejak tahun 2003, Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M. Sc., Ph. D. beliau dikukuhkan sebagai guru besar pada tahun 2019.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Membangun Kehidupan Kerja Berkualitas Berbasis Nilai Spiritualitas Islam”, beliau menyampaikan bahwa nilai spiritualitas Islam membantu proses keseimbangan hidup karyawan dalam tiga tingkatan, yaitu individu, kelompok, dan organisasi. Tercapainya keseimbangan itu dapat menbantu pencapaian hasil kerja yang optimal. Kehidupan kerja berkualitas akan dicapai melalui pencapaian keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, kehidupan rohani, dan jasmani, serta kehidupan individu dan kolektif. Hal ini akan meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen karyawan sehingga menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu kebijakan organisasi dalam mengelola sumber daya manusia tidak boleh meninggalkan nilai spiritualitas.

Sejalan dengan hal tersebut, Prof. Wiwiek mengambil fokus dan kepakarannya terhadap bidang manajemen mutu. Keputusan tersebut murni didasari oleh passion dan keahlian beliau terhadap bidang manajemen secara umum, contohnya seperti kinerja UMKM, manajemen sumber daya manusia, entrepreneurship, dan lain sebagainya. Riset yang beliau tekuni pun banyak yang telah dibukukan menjadi sebuah modelling/panduan khusus. Bahkan salah satu penelitiannya dijadikan acuan oleh lembaga Dompet Dhuafa.

Selain aktif menjadi reviewer jurnal internasional dan nasional, beliau juga tengah mengemban amanah lain yaitu sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Komisariat Purwokerto, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Komisariat Unsoed, Divisi Ekonomi Syariah MUI Cabang Wilayah Banyumas, asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Bidang Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi.