Profil Peneliti, Rekayasa sosial dan pengembangan pedesaan

Prof. Dr. Slamet Rosyadi, M. Si, CIQaR, CRA.

Kembangkan Administrasi Pembangunan untuk Era Penuh Ketidakpastian

Prof. Dr. Slamet Rosyadi, M. Si, CIQaR, CRA lahir di Majalengka pada Juli 1972. Beliau adalah guru besar di Jurusan Administrasi Publik, Universitas Jenderal Soedirman yang dikukuhkan pada 22 Desember 2022. Beliau menamatkan gelar S1 Administrasi Negara di FISIP Unsoed 1995, S2 Administrasi Bisnis di FIA Universitas Brawijaya 1997, serta S3 Studi Pembangunan Pedesaan di University of Goettingen Germany 2003. Sejak tahun 1997 menjadi dosen di Unsoed, saat ini Prof. Slamet mengampu perkuliahan di sejumlah program studi di FISIP, FEB, Fakultas Biologi, dan juga jenjang pascasarjana di perguruan tinggi ini.

Berbagai penelitian yang Prof. Slamet lakukan sebagian besar berfokus mengenai kebijakan pengembangan ekonomi kreatif. Fokus itu dipilih karena pengembangan ekonomi kreatif sangat memberikan kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) namun belum mendapat pendampingan yang serius. Selain itu, ekonomi kreatif juga erat kaitannya dengan administrasi pembangunan negara yang melibatkan birokrasi atau peran pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat. Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Administrasi Pembangunan yang Resilient dan Collaborative dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Era BANI (Brittle, Anxious, Nonlinear, and Incomperehensible)” beliau menyampaikan banyaknya tantangan tidak terduga yang menyerang sektor perekonomian dan pembangunan negara, utamanya selepas pandemi Covid-19 yang telah memberikan pengaruh signifikan terhadap keberlanjutan proses pembangunan nasional.

Kesungguhan Prof. Dr. Slamet Rosyadi, M. Si, CIQaR, CRA dalam penelitian dan publikasi mengantarkan beliau dalam mendapatkan grant pelitian luar negeri yaitu dari Tokyo Institute of Technology. Beliau juga telah memiliki HAKI tentang “Model Pendampingan Terintegrasi Untuk UMKM Ekonomi Kreatif” serta video kegiatan pengabdian pada masyarakat. Selain itu sederet prestasi akademik dan manajerial yang beliau raih antara lain Dosen Berprestasi III FISIP Unsoed (2018), Best Paper pada International Conference on Public Management (2015), Korprodi Berprestasi III Tingkat Universitas (2011), Korprodi Berprestasi I Tingkat Fakultas (2011), dan Dosen Berprestasi I Tingkat Fakultas (2005).

Sebagai seorang guru besar, Prof. Dr. Slamet Rosyadi, M. Si, CIQaR, CRA giat menjadi reviewer sejumlah jurnal nasional, seperti Jurnal Bina Praja, Mata Pembaharuan, dan Borneo, maupun jurnal internasional, seperti Lex Localis, Sage Open, dan Journal of Public Policy Affairs. Hilirisasi hasil riset yang beliau lakukan juga dimanfaatkan dalam memfasilitasi pendirian bank sampah, memberdayakan BUMDes, serta UMKM Ekonomi Kreatif melalui pelatihan yang beliau lakukan.