Berita, Prestasi

Mahasiswa UNSOED Raih Silver Medal Di Ajang WINTEX 2024

[unsoed.ac.id, Kam, 26/09/24] Mahasiswa Unsoed kembali menorehkan prestasi bergengsi tingkat internasional. Kali ini berhasil meraih Silver Medal di ajang World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2024.

Tim yang beranggotakan Tenri Ayuni Ratna Ade Chinta (Agribisnis 2021), Mahila Asana (Agribisnis 2021), Khairun Nisa (Kimia 2021), Kurnia Sandi (Fisika 2020), Herldinho Arieveali (Kimia 2021), Khairunnisa (Pendidikan Bahasa Inggris 2021), Mohamad Hayatulloh (Pendidikan Bahasa Inggris 2022) berhasil meraih Silver Medal pada kategori Social Science Product.

Chinta mengatakan di ajang ini tim mengusung karya konsep anti radiasi yang terbuat dari bahan alami seperti lidah mertua dan serat rami dengan judul “Innovation of Biomaterial Composite Electromagnetic Mini Shield with Application of Banyumas Batik Aesthetics”.

Pada lomba yang berlangsung secara daring ini,  penjurian pada tanggal 15 Agustus 2024 di Zoom Meeting. Sedangkan pengumuman hasil (Awarding) dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2024.

“Saya merasa sangat bangga dan terhormat mewakili tim kami dalam kompetisi WINTEX 2024. Kemenangan ini adalah hasil kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi seluruh anggota tim. Terima kasih kami sampaikan kepada semua yang telah mendukung kami, Indah Setiawati, S.P., M.P. selaku supervisor, teman-teman tim yang luar biasa, serta pihak Universitas dan pihak-pihak lain yang turut mendukung kami dalam mengikuti kompetisi WINTEX 2024 ini,” kata chinta

Sementara itu Indah Setiawati, S.P., M.P. selaku supervisor mengatakan capaian ini didapatkan sebagai pembuktian bahwa mahasiswa Unsoed mampu bersaing dengan mahasiswa Internasional sehingga dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berani berprestasi di kancah Internasional.

Kompetisi Wintex merupakan ajang lomba di bidang sains terapan, yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). Adapun kategori yang dilombakan meliputi Social Science Product, Beauty and Personal Care Product, Power and Electricity, Culinary & Food

Diikuti oleh 500 tim dari 33 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Philippines, South Korea, Morocco, Russia, France, Sri Lanka, Uzbekistan, Moldova, Macedonia, Bulgaria, Syiria, Canada, Cyprus, Iraq,  Taiwan, Hong Kong, UEA, Jordan, China, Turkey, Macao, Croatia, Romania, India, United States, Egypt, Poland, Vietnam, Sudan, and Iran.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia