Berita, Seputar Unsoed

Tingkatkan Skill Perencanaan dan Penganggaran, UNSOED Gelar Bimtek Penyusunan RPKA

[unsoed.ac.id, Sen, 02/09/24] Sebanyak 54 peserta wakil dari seluruh unit lembaga dan fakultas yang ada di Unsoed, menghadiri Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Program Kegiatan dan Anggaran (RPKA) yang diselenggarakan di Braling Hotel Purbalingga.

Bimbingan teknis berlangsung selama 2 hari, terhitung mulai tanggal 29 – 30 Agustus 2024.  Nara sumber Achmad Zunaidi, M.E. dari Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Kementerian Keuangan membawakan materi mengenai penyusunan kerangka acuan kerja dan anggaran. 

Dalam paparanya Achmad Zunaidi menjelaskan mengenai  Dukungan Kebijakan Fiskal pada Sektor Pendidikan, Framework Perencanaan Penganggaran BLU, Penetapan/Penyusunan Program (Logic Model) dan penyusunan RPKA menggunakan bantuan Aplikasi AI yaitu Chat GPT.

“Aplikasi Chat GPT ini sangat membantu kita dalam menyusun RPKA dengan cepat, asalkan kita dapat memberikan input atau perintah yang tepat,” jelas Zunaidi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (WR IV) Dr. Sos. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc., menyampaikan harapan kepada para peserta dalam sambutannya.

“Saya berharap dengan terselenggaranya bimbingan teknis penyusunan RPKA ini dapat menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan peserta di bidang perencanaan dan anggaran, terlebih dengan penggunaan Teknologi AI dalam Aplikasi Chat GPT akan mempermudah unit dalam menyusun KAK. Dengan demikian kualitas perencanaan dan anggaran pada tahun yang akan datang akan lebih baik lagi “ harap WR IV.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia