Berita, Kerjasama

FIB UNSOED Jajaki Kerjasama Dengan Faculty of Liberal Arts Prince of Songkla University Thailand

[unsoed.ac.id, Jum, 13/09/24] Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed terus mengembangkan jejaring internasionalnya. Kali ini dengan menjajaki kerja sama bersama Faculty of Liberal Arts, Prince of Songkla University (PSU) Thailand. Pertemuan yang diadakan pada Selasa (03/9/2024) di Bu-nga Sari Room, lantai 2 gedung Faculty of Liberal Arts, PSU, menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antara kedua institusi.

Delegasi FIB Unsoed, Dr. Chusni Hadiati, S.S., M.Hum., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, mempresentasikan profil FIB Unsoed, termasuk program-program unggulan yang ditawarkan. Dalam presentasinya, Dr. Chusni menyoroti potensi kerja sama akademik dan penelitian antara kedua fakultas, yang diharapkan dapat saling menguntungkan bagi pengembangan keilmuan dan sumber daya manusia di kedua lembaga.

“Langkah ini merupakan bagian dari upaya FIB Unsoed untuk terus memperluas kerjasama internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian melalui kolaborasi dengan institusi luar negeri. Semoga kerja sama ini dapat segera direalisasikan melalui berbagai kegiatan seperti pertukaran pelajar, riset bersama, dan seminar internasional,” ujar Dr. Chusni.

Selain itu, Korprodi S1 Sastra Inggris Unsoed, Dyah Raina Purwaningsih, S.S., M.Hum., turut menyampaikan peluang kerja sama antara Program Studi Sastra Inggris Unsoed dengan Faculty of Liberal Arts PSU. Ia menekankan pentingnya pertukaran mahasiswa dan dosen, serta kerjasama dalam penelitian lintas budaya dan bahasa.

Korprodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unsoed, Slamet Riyadi, S.S., M.Pd., juga membahas potensi kolaborasi antara program studi yang dipimpinnya dengan PSU, khususnya dalam pengembangan metode pengajaran bahasa Inggris yang inovatif dan relevan dengan tantangan global.

Kristianto Setiawan, S.S., M.A., Korprodi D3 Bahasa Inggris Unsoed, tidak ketinggalan menjajaki peluang kerjasama dengan PSU dalam hal peningkatan kapasitas mahasiswa D3 melalui program pertukaran dan kolaborasi kurikulum yang mendukung kesiapan lulusan di dunia kerja internasional.

Sementara itu, dari pihak Prince of Songkla University, Asst. Prof. Dr. Zainee Waemusa, Associate Dean for International Relations and Communication Affairs, menyambut baik rencana kerja sama ini. Bersama timnya, yang terdiri dari Assoc. Prof. Dr. Kemang Sinwongsuat (Associate Dean for Research, Innovation, and Social Responsibility), Asst. Prof. Dr. Anchana Rukhthong (Associate Dean for Educational Affairs), Asst. Prof. Dr. Sita Musigrusi (Associate Dean for Student Development and Alumni Relations), Asst. Prof. Dr. Naratip Jindapitak (Chairperson of BA Program in English), serta Mrs. Arunpon Saiya dari International Relations and Communication Affairs Section, mereka mengungkapkan antusiasme terhadap berbagai peluang yang dapat dijajaki bersama.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak juga membahas draft dokumen *Implementation Arrangement* yang mencakup kolaborasi antara tiga program studi di FIB Unsoed dengan Faculty of Liberal Arts PSU.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia