Berita, Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat

UNSOED Formulasikan Strategi Peningkatan Pendapatan Di luar UKT

[unsoed.ac.id, Jum, 13/09/24] Unsoed gelar Workshop Strategi Peningkatan Pendapatan Di luar UKT di Fox Harris Hotel & Convention Banjarnegara. Workshop yang berlangsung pada tanggal 10 September 2024 dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Para Dekan dan Ketua Lembaga.

Tujuan dilaksanakannya workshop ini sebagaimana disampaikan rektor dalam sambutannya adalah untuk meningkatkan kemandirian fiskal Unsoed sebagai lembaga pendidikan tinggi.

“Kemandirian fiskal Unsoed akan terwujud jika kontribusi RGU semakin meningkat dibandingkan dengan pendapatan dari UKT serta IPI dan untuk mencapai hal tersebut perlu disusun strategi yang tepat. Strategi ini harus mencakup aspek diversifikasi sumber pendapatan, optimalisasi aset dan sumber daya, kerja sama industri dan komersialisasi, pengembangan program non akademik, sustainabilitas keuangan serta Inovasi dalam pendanaan,” jelas Rektor.

Dr. Wahyono, M.M., selaku narasumber memaparkan beberapa strategi yang dapat dilakukan Unsoed sebagai PTN BLU untuk meningkatkan pendapatan di luar UKT.

“Beberapa strategi yang dapat dilakukan Unsoed untuk meningkatkan pendapatan di luar UKT dan IPI adalah penyewaan gedung aula, gedung kantor, ATM, sarpras kampus, dll., pemanfaatan laboratorium, penyedia jasa sertifikasi (berbagai kompetensi), dilakukan kerja sama dengan lembaga penyedia sertifikasi, bersaing dengan produk dan jasa yang dikelola secara profesional di luar kampus (tidak mudah), memperbanyak kerjasama dengan pemerintah daerah dan usaha swasta, termasuk kerja sama penelitian dan pengabdian, dll.,” urai Dr. Wahyono.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia