Berita, Prestasi

Mahasiswa FEB UNSOED Raih Juara 1 Certified Public Accountant Days 2024

[unsoed.ac.id, Jum, 27/09/24] Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed yang terdiri dari Fatmawati, Azahra Nur Afifah, dan Luthfiyyatul Azzah berhasil meraih juara 1 pada ajang Certified Public Accountant (CPA) Days 2024.

Ajang tingkat nasional untuk mencetak akuntan publik berkualitas di seluruh Indonesia ini diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Bertempat di Telkom University, Bandung, CPA Days berlangsung pada tanggal 24-25 September 2024 dengan mengusung tema “Youth Leadership for Sustainability in Auditing and Accounting”.

Fatmawati mengatakan, CPA Days 2024 memiliki serangkaian tahapan lomba yang dimulai dari babak penyisihan pertama dengan mengerjakan soal multiple choice Akuntansi dan Audit sebanyak 90 butir soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Pada tahapan selanjutnya, sebanyak 30 peserta yang lolos dalam penyisihan awal melanjutkan ke tahapan penyisihan kedua dengan mengerjakan paper study case. Pada tahapan ini, diperoleh 20 peserta yang lolos dan melanjutkan ke tahapan semi final. Semi Final CPA Days 2024 berupa presentasi study case yang dilaksanakan di Telkom University, Bandung. Akhirnya, terkumpulah 5 peserta yang melanjutkan ke babak final dengan bentuk lomba cerdas cermat menjawab soal Akuntansi dan Audit.

“Alhamdulillah, tim mahasiswa Akuntasi FEB Unsoed membuktikan dirinya menjadi yang terbaik dan berhasil keluar sebagai Juara Pertama dalam Certified Public Accountant (CPA) Days 2024,” kata Fatmawati.

Terkait persiapan yang dilakukan, tim mempersiapkan dengan cukup intensif. “Selama satu bulan tim mempersipakan diri dengan fokus pada pemahaman materi audit dan mengerjakan simulasi soal – soal yang kemungkinan akan keluar. Berlatih dengan melakukan presentasi, memperdalam pengetahuan audit, dan memahami rules kompetisi denga baik. Tidak kalah pentingnya menjaga mental dan konsistensi agar selalu tenang saat berhadapan dengan tantangan baru selama perlombaan berlangsung,” jelas Fatmawati.

Selain itu bimbingan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing sangat membantu dan berarti bagi tim ini. Doa dari keluarga, dan rekan kuliah serta pertolongan Allah Tuhan Yang Maha Esa, memantapkan jalan Fatmawati, Azahra, dan Luthfiyyatul untuk meraih gelar juara dalam Certified Public Accountant (CPA) Days 2024.

“Saya benar-benar bersyukur & berterima kasih kepada Allah SWT telah memberikan saya kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pencapaian ini. Saya juga berterima kasih banyak pada semua anggota tim bubadibako atas kerja sama tim yang solid, terima kasih kepada Bu Dewi selaku dosen  pembimbing, Bu Wita yang juga selalu mendukung kami, FEB Unsoed yang telah memberkkan support terbaik bagi kami, dan seluruh pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Semoga pencapaian ini bisa membanggakan kedua orang tua saya dan kampus saya pribadi serta memberikan inspirasi bagi yang lainnya. Pencapaian ini juga memacu saya untuk terus produktif dan menebar lebih banyak kebermanfaatan,” tutur Fatmawati.

Dr. Dewi Susilowati, M.Si Ak sebagai Dosen Pembimbing menuturkan pentingnya mahasiswa untuk mempersiapkan diri setelah lulus, tidak hanya bermodalkan gelar atau ijasah saja melainkan sertifikat-sertifikat pendukung lainnya.

“Dengan mengikuti perlombaan, pelatihan, sertifikasi dan lain – lainnya dapat menjadi modal yang penting dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Kita harus fokus dan percaya bahwa kita dapat mengharumkan almamater kita dengan mengalahkan pesaing – pesaing kita di luar Unsoed”, ujar Dewi.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia