Berita, Prestasi

Delegasi UNSOED Raih Juara 3 Herbal Cosmetic Competition Di Ajang Science Competition (SICON) 2024

Delegasi UNSOED Raih Juara 3 Herbal Cosmetic Competition Di Ajang Science Competition (SICON) 2024

[unsoed.ac.id, Jum, 11/10/24] Delegasi Unsoed kembali raih penghargaan di tingkat nasional. Pada ajang Science Competition 2024, Tim “Agera” yang beranggotakan Alfi Nuraeni (Farmasi 2022), Rifdah Nafisah (Farmasi 2022), dan Sofia Isni Siantia Lestari (Farmasi 2022) dengan dosen pembimbing apt. Nur Amalia Choirini, M.Si. meraih Juara 3 dalam kegiatan Science Competition (SICON) 2024 cabang lomba Herbal Cosmetic Competition (HCC).

Science Competition (SICON) merupakan salah satu event nasional tahunan yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma. Kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan Juni hingga bulan Oktober 2024. 

Acara puncak SICON berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2024 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang diisi dengan kegiatan presentasi dari seluruh finalis dan awarding ceremony. Pada tahun ini, SICON mengangkat tema “BOOST (Building Optimal Outcomes in Science Together)” yang menggambarkan semangat kolaboratif dalam upaya pendalaman di bidang sains.

SICON menjadi wadah bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berlomba-lomba membangun pengetahuan maupun keterampilan mereka dalam bidang sains melalui berbagai metode penggalian informasi atau kajian, seperti eksperimen, observasi, dan analisis.

Baca juga : Kolaborasi LPPM UNSOED Dan FIO-MNR China Dalam Program Edukasi Konservasi Mangrove

Herbal Cosmetic Compterition menjadi salah satu cabang lomba pada tahun ini yang menantang sekaligus melatih mahasiswa farmasi untuk dapat berinovasi mengaplikasikan ilmu-ilmu yang mereka dapat di perkuliahan menjadi sebuah karya dan produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Tim “Agera” membawakan karya dengan judul “Inovasi Gel Mata Herbal Berbahan Dasar Kombinasi Daun Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) dan Minyak Lavender (Lavandula angustifolia) sebagai Anti-aging dan Relaksan”.

“Ide ini diperoleh dari hasil observasi tim dalam memanfaatkan kekayaan bahan alam guna  guna menghasilkan produk kosmetik yang inovatif dan berdaya saning. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan jiwa berkompetisi mahasiswa Unsoed dalam berbagai ajang perlombaan,” ujar Alfi Nuraeni.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia