Berita, Kemahasiswaan

Rektor Lepas Delegasi Pimnas ke – 37 UNSOED

2 tim ke Pimnas

[unsoed.ac.id, Jum, 11/10/24] Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melepas 2 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PMW) yang akan berlaga di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 tahun 2024 di Universitas Airlangga, Surabaya pada 14 – 19 Oktober 2024 mendatang. Kegiatan pelepasan bertempat di Ruang Rapat Senat Lantai III Unsoed, Jum’at (11/10/2024).

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.,IPU.,ASEAN Eng menyampaikan apresiasi kepada delegasi mahasiswa yang akan mewakili Unsoed di ajang Pimnas. Ajang ini merupakan ajang yang luar biasa terutama untuk meningkatkan kompetensi, melatih talenta-talenta.

“Jika juara itu ya pasti sangat diharapkan, tetapi yang utama adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertemu dan bersilaturahmi di even nasional,” kata rektor.

2 tim ini terdiri dari 10 mahasiswa. PKM-RE yang berasal dari jurusan Kimia ini diketuai oleh Kusdiana Salsabila, yang beranggotakan Anggi Anggraeni, Sabrina Qulya, Ages Novida, dan Mita Paujiyah. Dengan dosen pembimbing Anung Riapanitra, Ph.D.

Kusdiana Salsabila mengatakan, hasil penelitian yang akan diusung ke Pimnas 2024 berupa inovasi terbaru dalam upaya penanganan mikroplastik. Menurut dia, inovasi tersebut berupa pembuatan lapis tipis dari titaniumdioksida (TiO2) dan magnetik.

“Di mana lapis tipis tersebut memiliki sifat fotokatalis. Fotokatalis tersebut ketika terkena paparan sinar ultraviolet akan bekerja menghancurkan mikroplastik, sehingga mikroplastik tersebut akan hilang,” kata Kusdiana.

“Untuk persiapan, kami sudah melakukan riset sejak bulan April, kemudian karantina di Cilacap dan kegiatan pascakarantina dengan berlatih setiap hari untuk memperispakan menghadapi Pimnas ini,” imbuhnya.

Baca juga : Delegasi UNSOED Raih Juara 3 Herbal Cosmetic Competition Di Ajang Science Competition (SICON) 2024

Sedangkan tim kedua, dari PKM-K diketuai oleh Dianrina Fatiha Khairani dari Jurusan Farmasi, beranggotakan Salsabila Zahra Ashari, Marlina Kurniawati, Novita Khusna Azizah, dan Rintan Rahmawati. Dengan dosen pembimbing Indah Setiawati S.P., M.P.

Dalam Pimnas 2024, tim ini akan mengusung berupa produk serbuk serum sampo Medbran-Pro yang terbuat dari buah parijoto dan minyak bekatul. Produk sampo herbal berbentuk serbuk tersebut dapat menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala akibat penggunaan bahan sintetis yang seringkali menimbulkan iritasi, gatal, alergi, hingga eritema.

“Bentuk sampo ini powder -serbuk-, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Berdasarkan data, sebanyak 55 persen anak muda menunjukkan peningkatan untuk melakukan kegiatan traveling. Tim PKM-K Unsoed ingin memberikan solusi berupa serum sampo berbentuk serbuk agar mudah dibawa ke mana-mana dan berpotensi untuk mencegah kerontokan,” kata Dianrina.

Selain itu, pemanfaatan buah parijoto sebagai bahan aktif serbuk sampo dapat menjadi peluang pasar baru yang dapat diperjualbelikan masyarakat.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia