Berita, Penelitian, Pengabdian, dan Inovasi

Kiprah Dosen UNSOED di Kegiatan DIES Training on Management of Internationalization di Hannover University Jerman

Condro Wibowo, Ph.D

[unsoed.ac.id, Sel, 15/10/24] Pihak Leibniz University of Hannover (LUH) Jerman secara rutin mengadakan kegiatan Training on Management of Internationalization, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Dialogue on Innovative Higher Education. Strategies (DIES), yang didukung oleh German Rectors’ Conference (HRK) dan German Academic Exchange Service (DAAD). Peserta yang dapat mengikuti kegiatan tersebut berasal dari berbagai negara di Kawasan Asia, Afrika, Latin Amerika, dan Timur Tengah.

Condro Wibowo, Ph.D merupakan salah satu dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang pernah mengikuti kegiatan tersebut pada tahun 2017 dan saat ini aktif dalam berbagai kegiatan Kerjasama internasional dengan berbagai institusi. Pada kegiatan training on Management of Internationalization tahun 2024 yang diselenggarakan pada tanggal 23 September sampai dengan 2 Oktober 2024, Condro Wibowo diundang sebagai salah satu alumni yang diminta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola kegiatan internasionalisasi pergururan tinggi.

Pada kesempatan tersebut Condro memaparkan berbagai kegiatan yang dilakukannya, antara lain diundang sebagai Regional Expert untuk kegiatan NMT on MoI di Vietnam 2019/2020, menjadi trainer pada kegiatan NMT on MoI di Banda Aceh (2022), trainer pada kegiatan European Union Support to Higher Education in the ASEAN Region (SHARE) – Peer Multiplier Training (PMT-2022), serta trainer pada NMT on Leadership Chapter Indonesia (2023/2024).

Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sejumlah 50 orang dengan jabatan Wakil Rektor, Direktur Kantor Urusan Internasional, Wakil Dekan maupun utusan yang mewakili universitas atau institusi masing-masing. yang berasal lebih dari 30 negara (Argentina, Bolivia, Colombia, Dominican Republic, Ecuador, El Salvador, Mexico, Honduras, Chile, Panama, Peru, Costarica, Ethiopia, Gambia, Ghana, Kenya, Lesotho, Nigeria, South Africa, Tanzania, Uganda, Sudan, Malawi, Cambodia, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Philippines, dan Vietnam)

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pihak Kementerian Pendidikan negara bagian Niedersachsen Jerman,  Leibniz University of Hannover, German Rectors’ Conference (HRK), dan German Academic Exchange Service (DAAD) Jerman.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia