Skip to main content

Mahasiswa UNSOED Siap Mengabdi Melalui Program KKN 2024

[unsoed.ac.id, Kam, 11/07/24] Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Masyarakat, KKN PUPR, KKN BKKBN, KKN PMM, dan KKN-T BLU reguler Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) secara resmi dimulai Rabu 10 Juli 2024. KKN Periode Juli - Agustus 2024 dilaksanakan selama 35 hari, mulai 10 Juli – 13 Agustus 2024.

Adapun lokasi KKN terbagi dalam 7 Kabupaten yaitu Kab. Banyumas (Kecamatan Lumbir, Gumelar, Tambak, Pekuncen, Baturraden); Kab. Purbalingga (Kecamatan Kutasari, Bojongsari, Mrebet, Kemangkon); Kab. Banjarnegara (Kecamatan Pegentan, Pagedongan, Rakit); Kab. Cilacap (Kecamatan Adipala, Maos, Kesugihan).

Kemudian untuk Kab. Brebes (Kecamatan Bumiayu, Bantarkawung, dan Paguyangan), Kab. Kebumen (Kecamatan Puring, dan Buayan), dan Kab. Tegal (Kecamatan Pangkah).

Penerimaan mahasiswa KKN berlangsung secara serentak di 7 Kabupaten tersebut.  Untuk Kabupaten Banjarnegara pelepasan berlangsung di Sasana Abdi Praja Setda Banjarnegara, yang diikuti oleh lebih dari 150 mahasiswa perwakilan dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Pagentan, Pagedongan, dan Rakit.

Hadir dalam pelepasan di Banjarnegara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (WR IV) Dr. Sos. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc., memberikan penjelasan mengenai periode KKN dan Program KKN.

“KKN Unsoed akan dilaksanakan selama 35 hari dari tanggal 10 Juli sampai dengan 13 Agustus 2024.  Program dasar KKN Unsoed berdasarkan 5 Pilar bidang Program yaitu; bidang ekonomi yang difokuskan pada pendampingan UMKM dan Bumdes sebagai penggerak utama ekonomi pedesaan. Bidang Pemberdayaan Lingkungan berupa Introduksi Teknologi Irigasi Tetes dan Intesifikasi Pekarangan. Untuk Bidang Kesehatan difokuskan pada pemberian motivasi belajar anak sekolah  dan Bidang Pemerintahan Desa yang difokuskan untuk membantu Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terang WR IV.

Sementara itu Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi, S.Sos., M.Si., mengutarakan harapannya terhadap Program KKN Unsoed ini.

“KKN adalah medan pengabdian sebenarnya, universitas sejati dan sekolah kehidupan bagi kalian guna menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama ini untuk memberdayakan masyarakat.  Unsoed saya harapkan memberikan warna perubahan yang makin baik dalam Pembangunan desa termasuk dalam memberdayakan masyarakatnya,” harap Masrofi.

Selain itu penerimaan mahasiswa peserta KKN juga berlangsung di Kabupaten Banyumas dipusatkan di Pendopo Kabupaten Banyumas. Kemudian di Kabupaten Cilacap penerimaan mahasiswa peserta KKN di laksanakan di Pendopo Kecamatan Maos, Kabupaten Kebumen berlokasi di Pendopo Kabupaten Kebumen, Kabupaten Brebes bertempat di Pendopo Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Purbalingga bertempat di Gedung Operatinal Room Graha Adiguna Kompleks Pendopo Dipokusumo Purbalingga, dan Kabupaten Tegal di Aula Kecamatan Pangkah.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia