Berita, Kemahasiswaan

FEB UNSOED Sukses Gelar PMW Expo 2024

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) FEB Unsoed 2024

[unsoed.ac.id, Kam, 10/10/24] Laboratorium Kewirausahaan FEB bersama BEM FEB, dan UKM Kewirausahaan Bursa FEB Unsoed sukses menyelenggarakan salah satu event tahunan yang cukup populer, yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) FEB Unsoed 2024. PMW FEB Unsoed merupakan salah satu program kerja dari Ekonomi Kreatif Mahasiswa (EKOTIM) BEM FEB Unsoed dan Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) UKM Kewirausahaan Bursa FEB Unsoed.

Acara ini merupakan kegiatan pembelajaran praktik berwirausaha yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi berwirausaha pada mahasiswa, serta membangun mental wirausahawan. Melalui PMW, mahasiswa dapat belajar tentang dunia usaha, mengembangkan potensi dan kreativitasnya, serta meningkatkan kompetensi soft skill-nya.

PMW FEB Unsoed tahun ini mengusung tema “Innovate to Elevate: Unleashing Entrepreneurial Potential”. Acara ini terdiri dari sosialisasi, workshop, pelatihan presentasi, pembekalan, mentoring 1, mentoring 2, mentoring 3, mentoring 4, dan expo yang diselenggarakan di halaman depan Gedung Roedhiro FEB Unsoed pada tanggal 3-4 Oktober 2024.

Damar Jati Asmara selaku ketua panitia PMW FEB Unsoed 2024 mengatakan bahwa PMW FEB Unsoed dan Expo PMW FEB Unsoed merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menumbuhkan pola pikir dan jiwa entrepreneur yang dapat mendorong kreativitas dan inovasi, memiliki bekal untuk menghadapi perkembangan dunia kerja di masa depan, dan mampu merintis usaha mandiri dan berkontribusi secara positif dalam pembangunan sektor industri.

“Expo PMW FEB Unsoed sendiri adalah puncak acara PMW FEB Unsoed 2024. Acara Expo PMW FEB Unsoed terbuka untuk umum, dengan memberikan kesempatan kepada seluruh peserta PMW. Selain peserta PMW FEB Unsoed, UMKM juga dilibatkan dalam acara ini. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada UMKM agar dapat memasarkan atau mengembangkan usahanya, para pelaku UMKM juga dapat belajar bersama di expo melalui seminar, talkshow, atau diskusi bersama peserta PMW FEB Unsoed 2024,” kata Damar.

Baca juga : Studi Banding Satgas PPKS ISI Yogyakarta ke Satgas PPKS UNSOED

Terhitung 43 tenant yang meramaikan expo, yang terdiri dari 22 tim PMW FEB Unsoed 2024, 16 UMKM, 3 mahasiswa FEB non PMW yang terseleksi, 1 tim perwakilan PMW Fakultas Ilmu Kesehatan Unsoed, dan 1 tenant untuk EKOTIM BEM dan UKM Kewirausahaan FEB Unsoed. Acara Expo PMW FEB Unsoed 2024 ini juga berkolaborasi dengan FEB Got Talent 2024, yaitu acara ajang pencarian bakat yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman. Kolaborasi ini tentunya menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke Expo PMW FEB Unsoed 2024, dengan penampilan-penampilan bakat yang ditunjukkan oleh para peserta FEB Got Talent 2024.

Dalam acara Expo PMW FEB Unsoed 2024 terdapat penilaian kepada para tenant khususnya tenant dari peserta PMW FEB Unsoed 2024. Dewan juri yang terdiri dari Monica Rosiana SE, M.Si. dan Retno Kurniasih S.E., M.Si. (keduanya dosen FEB Unsoed), memutuskan sebagai juara expo PMW FEB Unsoed 2024 yaitu sebagai Juara 1 : Artwist, Juara 2 : Swircilok, dan sebagai Juara 3 : Ciblak Samagaha.

Selain juara tenant, panitia juga mengadakan sayembara video yang bisa diikuti oleh khalayak umum, dengan tujuan menciptakan daya tarik pengunjung untuk mengunjungi acara Expo PMW FEB Unsoed 2024. Tema dari sayembara video adalah story telling yang mengandung unsur persuasif, ditujukan kepada masyarakat umum agar mengunjungi expo PMW FEB Unsoed 2024.

Panitia juga menyelenggarakaan FEB Got Talent 2024 antara lain Teater, Public speaking, Seni bela diri, Seni rupa, Seni music, Solo vocal, Instrumental Musik, dan Seni tari.

“Alhamdulliah acara FEB Got Talent 2024 yang di laksanakan bersama dengan PMW FEB Unsoed 2024 dapat terlaksana dengan lancar, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada UKM Sasmi yang telah banyak membantu acara ini serta seluruh pihak termasuk UKM Ecolens, UKM Margin, dan para sponsor yg telah membantu acara FGT pada tahun ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Saya harap setelah acara ini para peserta yang mengikuti acara FGT 2024 tidak berhenti dalam menunjukkan bakat-bakatnya dan terus berkarya,” kata Daffa, selaku ketua panitia FEB Got Talent 2024.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB Unsoed Istiqomah S.E., M.Sc., Ph.D sangat mengapresiasi kolaborasi antara PMW Expo dan FEB Got Talent 2024. “Para penerima hibah PMW diharapkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan performa usahanya, sehingga dapat berkontribusi pada penyediaan lapangan kerja. Selain itu, bakat-bakat terbaik FEB yang tampil pada acara FEB Got Talent mudah-mudahan dapat terus mengembangkan potensinya untuk menjadi seniman besar dan berdedikasi,” kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia